Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Tingkat Kegawatdaruratan Berdasarkan Triase Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang

Penulis

  • Roganda Situmorang Universitas Bhakti Kencana Bandung
  • Nur Intan Hayati Husnul Khotimah Fakultas Keperawatan, Universitas Bhakti Kencana Bandung, Indonesia
  • Raida Rihadatul Aisyi

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.21905

Kata Kunci:

Instalasi Gawat Darurat, Keluarga Pasien, Kepuasan, Tingkat Kedaruratan, Pengetahuan, Triage

Abstrak

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan keluarga pasien tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sumedang.

Metode: Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah keluarga sebanyak 72 pasien dan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis menggunakan perhitungan distribusi frekuensi dan uji Chi-Square

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keluarga pasien tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage adalah kurang baik (12,5%), cukup baik (61,1%) dan baik (26,4%). Penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat adalah kurang puas (1,4%), cukup puas (66,7%) dan puas (31,9%). Penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p-value 0,002) antara pengetahuan keluarga pasien mengenai tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat.

Kesimpulan: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi rumah sakit untuk lebih meningkatkan edukasi atau penguatan informasi melalui media cetak maupun digital tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage di Instalasi Gawat Darurat agar dapat memberikan dukungan positif bagi peningkatan kepuasan keluarga pasien.

Referensi

Akba, Y. D. C. (2020). Hubungan Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Ketepatan Perawat Dalam Menentukan Triage Dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Klinik dr. Suherman Jember. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.http://repository.unmuhjember.ac.id/6463/11/L. ARTIKEL.pdf

Alamsyah, T. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Sistem Triage di IGD RSUD Sumbawa. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(July 2020), 76–87. http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/80/65

Apriani, T. A. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pabatu PTPN IV Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Maksitek, 3(September), 179–196.

Asrullah, N., Plasay, M., & Malik, M. Z. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Triage di IGD RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. 1–12.

Depari, A. (2019). Gambaran Pelaksanaan Triase oleh Perawat pada Pasien di Ruang IGD RSUD DR PIRNGADI Medan. 1–16.

Korengkeng, L. C., & Lainsamputty, F. (2022). Karakteristik Pasien dan Hubungannya Dengan Kepuasan Terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat. Journal of Nursing Sciences, 11(1), 17–25. https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/

Laksana, Y. D. S., Rivai, A., & Tiadeka, P. (2021). Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Jalan BPJS di Instalasi Farmasi Puskesmas Tlogosadang Kabupaten Lamongan. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), 3(01), 10. https://doi.org/10.30587/herclips.v3i01.3092

Mustafa, I. N., Dewi, W. N., & Elita, V. (2022). Triage Implementation Knowledge among Patient’s Families. Media Keperawatan Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.26714/mki.5.2.2022.110-116

Rama, R. E., Wowor, M., Gannika, L., Studi, P., Keperawatan, I., & Kedokteran, F. (2019).

Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 7(1).

Royani, & Astuti, I. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawatdarurat Rumah Sakit X Jakarta Barat Tahun 2020. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 5(1). https://jurnal.stikesimcbintaro.ac.id/index.php/djs/article/view/150/100

Setiarini, V., Dewi, W. N., & Karim, D. (2018). Identifikasi Pengetahuan Perawat Gawat Darurat Tentang Triage. JOM FKp, 5(730–736). https://ojs.stikestelogorejo.ac.id/index.php/jikk/article/view/253/32

Sukrang, Hasnidar, & Fauzan. (2023). Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Triase Dengan Kepuasan KKeluarga Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Syntax Idea, 5(5). file:///C:/Users/Raida/Downloads/2212-Article Text-9029-1-10-20230524.pdf

Tampubolon, J., & Sudharmono, U. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Dan Keluarga Terhadap Pelayanan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 123–134. https://doi.org/10.35974/jsk.v6i2.243

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-02