Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Tingkat Kegawatdaruratan Berdasarkan Triase Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.21905Kata Kunci:
Instalasi Gawat Darurat, Keluarga Pasien, Kepuasan, Tingkat Kedaruratan, Pengetahuan, TriageAbstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan keluarga pasien tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sumedang.
Metode: Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah keluarga sebanyak 72 pasien dan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis menggunakan perhitungan distribusi frekuensi dan uji Chi-Square
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keluarga pasien tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage adalah kurang baik (12,5%), cukup baik (61,1%) dan baik (26,4%). Penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat adalah kurang puas (1,4%), cukup puas (66,7%) dan puas (31,9%). Penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p-value 0,002) antara pengetahuan keluarga pasien mengenai tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi rumah sakit untuk lebih meningkatkan edukasi atau penguatan informasi melalui media cetak maupun digital tentang tingkat kegawatdaruratan berdasarkan triage di Instalasi Gawat Darurat agar dapat memberikan dukungan positif bagi peningkatan kepuasan keluarga pasien.
Referensi
Akba, Y. D. C. (2020). Hubungan Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Ketepatan Perawat Dalam Menentukan Triage Dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Klinik dr. Suherman Jember. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.http://repository.unmuhjember.ac.id/6463/11/L. ARTIKEL.pdf
Alamsyah, T. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Sistem Triage di IGD RSUD Sumbawa. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(July 2020), 76–87. http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/80/65
Apriani, T. A. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pabatu PTPN IV Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Maksitek, 3(September), 179–196.
Asrullah, N., Plasay, M., & Malik, M. Z. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Triage di IGD RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. 1–12.
Depari, A. (2019). Gambaran Pelaksanaan Triase oleh Perawat pada Pasien di Ruang IGD RSUD DR PIRNGADI Medan. 1–16.
Korengkeng, L. C., & Lainsamputty, F. (2022). Karakteristik Pasien dan Hubungannya Dengan Kepuasan Terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat. Journal of Nursing Sciences, 11(1), 17–25. https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/
Laksana, Y. D. S., Rivai, A., & Tiadeka, P. (2021). Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Jalan BPJS di Instalasi Farmasi Puskesmas Tlogosadang Kabupaten Lamongan. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), 3(01), 10. https://doi.org/10.30587/herclips.v3i01.3092
Mustafa, I. N., Dewi, W. N., & Elita, V. (2022). Triage Implementation Knowledge among Patient’s Families. Media Keperawatan Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.26714/mki.5.2.2022.110-116
Rama, R. E., Wowor, M., Gannika, L., Studi, P., Keperawatan, I., & Kedokteran, F. (2019).
Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 7(1).
Royani, & Astuti, I. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawatdarurat Rumah Sakit X Jakarta Barat Tahun 2020. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 5(1). https://jurnal.stikesimcbintaro.ac.id/index.php/djs/article/view/150/100
Setiarini, V., Dewi, W. N., & Karim, D. (2018). Identifikasi Pengetahuan Perawat Gawat Darurat Tentang Triage. JOM FKp, 5(730–736). https://ojs.stikestelogorejo.ac.id/index.php/jikk/article/view/253/32
Sukrang, Hasnidar, & Fauzan. (2023). Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Triase Dengan Kepuasan KKeluarga Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Syntax Idea, 5(5). file:///C:/Users/Raida/Downloads/2212-Article Text-9029-1-10-20230524.pdf
Tampubolon, J., & Sudharmono, U. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Dan Keluarga Terhadap Pelayanan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 123–134. https://doi.org/10.35974/jsk.v6i2.243
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Roganda Situmorang, Nur Intan Hayati Husnul Khotimah, Raida Rihadatul Aisyi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:Â Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)