Hubungan Lama Menjalani Terapi Hemodialisis Dengan Tingkat Stress Pasien Gagal Ginjal Kronis

Penulis

  • Dhedhy Irawan STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia
  • Titik Suhartini Stikes hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo Jawa Timur Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v8i3.20164

Kata Kunci:

Hemodialisis, Tingkat Stres, Gagal Ginjal

Abstrak

Kronis Di Unit Dialisis RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang.Salah satu terapi pengganti ginjal pada pasien Gagal Ginjal Kronik adalah Terapi Hemodialisis. Terapi hemodialisis dapat menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah stres. Perlu disadari bahwa stress dapat menimbulkan berbagai dampak negatif baik secara fisik maupun psikis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Lama Menjalani Terapi Hemodialisis Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Di Unit Dialisis RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien hemodialisis telah menjalani hemodialisis selama >24 bulan sebanyak 43 responden (52,4%) dan tingkat stres terbanyak berada pada tingkat sedang sebanyak 45 responden (54,9%). Hasil uji Spearman rank test menunjukkan (p value = 0,000 < 0,05), yang berarti ada hubungan Lama Menjalani Terapi Hemodialisis dengan Stres pada Pasien Gagal Ginjal Kronis di Unit Dialisis RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara lama menjalani terapi Hemodialisis dengan tingkat stres. Oleh karena itu disarankan bagi dinas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien hemodialisa terutama faktor-faktor yang dapat menyebabkan stress. Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan tingkat stress pada pasien Gagal Ginjal Kronis yang menjalani Terapi Hemodialisa

Referensi

Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, N.D, Justina, E.T dan Dwita, A.R. 2016. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Hidup pada Pasien Chronic Kidney Disease (CKD) yang Menjalani Hemodialisis di RSD dr. Soebandi Jember. E- jurnal Pustaka Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Jember , 4 (2): 210-217.

Cahyaningsih, N.D. 2014. Hemodialisis (Cuci Darah) : Panduan Praktis Perawatan Gagal Ginjal. Jogjakarta : Mitra Cendikia Press.

Cecillia, 2011. Hubungan tingkat stress dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUP Dr M.Djamil Padang. Penelitian, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, Padang.

Darmawan, et al. 2019. Hubungan Lamanya Menjalani Hemodialisis dengan Fatigue pada Pasien Chronic Kidney Disease. Community of Publishing in Nursing (Coping) , Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 7 (3): 139-146.

Diyono dan S. Mulyanti. 2019. Keperawatan Medikal Bedah : Sistem Urologi. Yogyakarta : Andi.

Donsu, Jenita Tine. 2017. Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : pustaka baru press.

IRR, 2017. 10th Report Of Indonesian Renal Registry, Indonesian Renal Registry. https://indonesianrenalregistry.org/data/IRR%202017%20.pdf.

IRR, 2018. 11th Report Of Indonesian Renal Registry, Indonesian Renal Registry. https://indonesianrenalregistry.org/data/IRR%202018.pdf.

KEPPKN, K. 2017. Pedoman dan Standar Etika Penelitian dan Pengembangan Kesehatan nasional. Kemenkes RI.

Kozier et al. 2011. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktik. Edisi 7. Vol 2. Jakarta : EGC.

Maita G., N. Muhammad, B. Hendro. 2021. Gambaran Adaptasi Fisiologis Dan Psikologis Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisis Di Kota Manado. Jurnal Keperawatan. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, 9 (2): 1-6.

Mashudi, F. 2014. Psikologi Konseling : Buku Panduan Lengkap dan Praktis Menerapkan Psikologi Konseling. Jogjakarta : IRCiSoD.

Mubin, A.H. Mubin, R.H. 2016. Panduan Praktis Ilmu Penyakit Dalam : Diagnosis dan Terapi. Edisi 3.Jakarta : EGC.

Ningsih, E.D. Indah, M dan Athi’, L.Y. 2019. Pengaruh Terapi Relaksasi Spiritual Terhadap Tingkat Stres Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis. Journal of Nursing Care & Biomolecular. FIK UNIPDU. 3 (2): 71-78.

Notoatmodjo, S. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Novitasari, I. 2015. Gambaran Tingkat Kecemasan, Stres, Depresi dan Mekanisme Koping Pasien Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa Di RSUD Dr.Moewardi. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Cet. 2. Jakarta: Salemba Medika.

Padila. 2012. Buku Ajar : Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Nuha Medika.

Padila. 2018. Buku Ajar : Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta : Nuha Medika.

Pranoto. 2010. Hubungan antara lama menjalani hemodialisa dengan terjadinya perdarahan intraserebral. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Price, Sylvia A. Wilson, Lorraine M. 2014. Buku Ajar Patofisiologi : Konsep Klinis proses-proses penyakit. Edisi 6 Vol 2. Jakarta : EGC.

Priyono. 2014. Konsep Manajemen Stres. Nuha Medika: Yogyakarta.

Rahayu, F, R. Rafika,F. Topan. 2016. Hubungan Frekuensi Hemodialisis Dengan Tingkat Stress Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal Keperawatan Silampari, 1 (2): 139-153.

Rahayu H, Riski, Munawaroh, dkk, 2019. Respon Stres Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa Di Ruang Hemodialisa Rsud Dr.Hardjono Ponorogo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Health Sciences Journal, 3 (1): 1-10.

Simanjuntak, dkk, 2017. Korelasi Lama Menjalani Hemodialisis Dengan Skor Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Instalasi Dialisis RSUD Dr. Pirngadi Medan. Nommensen Journal of Medicine, 3(2), hal. 63-68.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suhardjono. 2014. Hemodialisis; Prinsip Dasar dan Pemakaian Kliniknya. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: Interna Publishing.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syahrizal, T., Kharisna D., D.P. Veny, 2020. Analisis Tingkat Stres Pada Pasien Hemodialisa Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, Program Studi S1 Keperawatan, Stikes Payung Negeri Pekanbaru, 9 (2): 61- 67.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-02