Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Tingkat Stres Dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir

Penulis

  • Nuria Muliani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Heru Supriyatno Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Apri Budianto Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i1.19997

Kata Kunci:

manajemen stres, tingkat stres, mahasiswa, keperawatan

Abstrak

Stres dalam mengerjakan tugas akhir pada mahasiswa keperawatan merupakan kondisi yang sering terjadi ketika tidak mampu menyelesaikan masalah. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa keperawatan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu . Dengan begitu, mahasiswa mengalami rentetan masalah dan tekanan akademik untuk mengerjakan tugas akhir. Manajemen stres merupakan salah satu alternatif dalam mengurangi stres bagi mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan total sampling yang digunakan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara. Pengukuran stres menggunakan Student Nurse Stress Index (SNSI). Analisis data menggunakan uji T. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen stres terhadap tingkat stres dalam menyusun karya ilmiah mahasiswa tingkat akhir Program Studi D3 Keperawatan UMPRI.

Hasil penelitian didapatkan adanya penurunan skor stres sebesar -12,397 (6,440). Hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,000 yang berarti ada pengaruh Manajemen Stres terhadap Tingkat Stres Penyusunan Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi D3 Keperawatan UMPRI. Pelatihan manajemen stres dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi masalah stres bagi mahasiswa keperawatan.

Kata kunci: manajemen stres, tingkat stres, mahasiswa, keperawatan

Referensi

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Blomberg, K., Bisholt, B., Kullén Engström, A., Ohlsson, U., Sundler Johansson, A., & Gustafsson, M. (2014). Swedish nursing students’ experience of stress during clinical practice in relation to clinical setting characteristics and the organisation of the clinical education. Journal of Clinical Nursing, 23(15–16), 2264–2271. https://doi.org/10.1111/jocn.12506

Brown, K., Anderson-Johnson, P., & McPherson, A. N. (2016). Academic-related stress among graduate students in nursing in a Jamaican school of nursing. Nurse Education in Practice, 20, 117–124. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2016.08.004

Delaney, C., Barrere, C., Zahourek, R., Diaz, D., & Lachapelle, L. (2020). Pilot Testing of the NURSE Stress Management Intervention. Journal of Holistic Nursing, 20(10), 1–21.

Hensel, D., & Laux, M. (2014). Longitudinal study of stress, self-care, and professional identity among nursing students. Nurse Educator, 39(5), 227–231.

Rathnayake, S., Res, N. –, & Ekanayaka, J. (2016). Depression, Anxiety and Stress among Undergraduate Nursing Students in a Public University in Sri Lanka. International Journal of Caring Sciences, 9(3), 1020–1032. www.internationaljournalofcaringsciences.org

Rustam, H. K., Lidiawati, D., St.Nurbaya, Sirajuddin, W., & Mursalin, N. R. (2023). Pelatihan manajemen stres dan coloring mandala untuk mengurangi stres pada mahasiswa. Community Development Journal, 4(2), 2399–2403.

Shields, L. R. (2011). Teaching Mindfulness Techniques to Nursing Students for Stress Reduction and Self-care. Nursing.

Song, Y., & Lindquist, R. (2015). Effects of mindfulness-based stress reduction on depression, anxiety, stress and mindfulness in Korean nursing students. Nurse Education Today, 35(1), 86–90. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.06.010

Turner, K., & McCarthy, V. L. (2017). Stress and anxiety among nursing students: A review of intervention strategies in literature between 2009 and 2015. Nurse Education in Practice, 22(22), 21–29. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2016.11.002

Van der Riet, P., Rossiter, R., Kirby, D., Dluzewska, T., & Harmon, C. (2015). Piloting a stress management and mindfulness program for undergraduate nursing students: Student feedback and lessons learned. Nurse Education Today, 35(1), 44–49. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.05.003

Yuwono, S. (2010). Mengelola stres dalam perspektif islam dan psikologai. Jurnal Nasional UMP, 8(2), 16–17.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-16