Hubungan Pengetahuan Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Kegiatan Kelas Ibu Balita Di Desa Karangwedoro Wilayah Kerja Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan

Penulis

  • Kustini Universitas islam Lamongan
  • Siti Sholikah
  • Marsheila Indriyana

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v8i4.19825

Kata Kunci:

Pengetahuan Ibu, keikutsertaan kelas kelas Balita

Abstrak

Objective: Toddler mother class is a group learning activity in a class with several mothers who have children under five (aged 0-5 years) under the guidance of one or several facilitators (teachers) using the MCH handbook as a learning tool. The purpose of this research is to find out the relationship between knowledge and mother's participation in toddler mother class activities in Karangwedoro village, the working area of ​​the Turi Health Center in 2023

 

Methods : This study aims to determine the relationship between variables using a cross sectional approach. The variables to be studied are knowledge, attitudes and work (Independent Variables) with the participation of mothers under five classes (Dependent Variable) carried out at the same time

 

Results: , Based on the results of research that has been conducted in Karangwedoro Village, Turi Health Center Work Area, it can be concluded that there is a relationship between mother's knowledge and mother's participation in toddler mother class activities in Karangwedoro village, Turi Health Center Work Area in 2022 Conclusion: It is hoped that later the results of this research can be used as a source and input for program holders to further improve class activities for mothers of toddlers and improve routine and scheduled activities for mothers of toddlers classes and increase skills in delivering material in the mother of toddlers class module by attending trainings on mother class toddlers as well

Biografi Penulis

Kustini, Universitas islam Lamongan

Dosen kebidanan Universitas islam lamongan

Referensi

Chikmah, A. M., Laksono, B., & Yuniastuti, A. (2016). Efektivitas SMS Bunda Dibanding Kelas Ibu Balita Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Perilaku. Public Health Perspective Journal, 1(1), halaman 21–28.

Datin, I. (2016). Situasi dan Analisa Gizi. Jakarta: Pusat Data Informasi dan Kementerian Kesehatan RI.

Enieyunita. (2015). Kelas Ibu Balita. Diambil 18 Mei 2020, dari https://enieyunita.wordpress.com/2015/05/19/kelas-ibu-balita/

Harjatmo, T. P., Par’i, H. M., & Wiyono, S. (2017). Penilaian Status Gizi. Jakarta Selatan: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Hartanto, Y. (2009). Penjelasan Tentang Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita.Salatiga. Diambil dari https://slideplayer.info/slide/11123280/

Hidayah, L., & Rosita, D. (2018). Pelaksanaan Kelas Ibu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Godong I. Karya Ilmiah untuk Peningkatan Kesehatan Bangsa. Kudus.

Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 115–121.

Kartikawati SL, Sutedja E, Dzulfikar. Pengaruh kelas ibu Balita terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku Ibu Balita dalam merawat balita di Wilayah kerja Puskesmas Sukarasa Kota Bandung. Bhakti Kencana Medika. 2014; 1(4): 27-8.

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui. Jakarta: Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemeskes RI.

Kemenkes RI. (2016). Program Perbaikan Gizi Makro. Diambil 9 Mei 2020, dari www.gizi.depkes.go.id

Kemenkes RI, 2019. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Balita. Kementerian Kesehatan RI Dirjen Kesehatan Masyarakat. Jakarta

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2018. Profil Anak Indonesia 2018. ISSN 2089 3523. Jakarta

Kostania, G., & Rahayu, R. D. (2018). Efektivitas Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang MP-ASI Usia 6-12 Bulan. Jurnal Ilmiah Bidan, III(3), 11–19.

Malatuzzulfa Nurlia Isti. (2018). Hubungan antara pengetahuan dengan keaktifan ibu mengikuti kelas ibu balita di desa Kedungsumber Kecamatan Balonpanggang Kabupatern Gresik. Midwifery Journal of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang Volume 15 No. 1 Maret 2018

Moses, Melmambessy. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua.Media Riset Bisnis & Manajemen 12.1 (2012): 18-36.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pantiawati, I. (2018). Analisis Aspek Sumberdaya yang Berlangkung pada Program Kelas Ibu Balita di Wilayah Kabupaten Banyumas. Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(2), 58–73.

Purwati, N. (2016). Klasifikasi Status Gizi Balita Berdasarkan Indeks Antropometri Bb / U Dan Bb / Tb Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan. Indonesia Journal on Networking and Security, 5(4), 12–18.

Puspitasari, Ita. (2015). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu Balita Ke Posyandu Kencursari I Di Dukuh Tegaltandan Desa Banguntapan Kabupaten Bantul. Naskah Publikasi Program Studi Bidan

Pendidik Jenjang D IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah

Yogyakarta

Ratmawati, L. A. (2018). Evaluasi Program Pelaksanaan Kelas Ibu Balita di Wilayah Kerja Dinas Kesehatana Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Aisyiyah, 14(1), 25–31.

Sumiasih, W., Gidia, F., Santoso, W.A. (2016) Kajian Tingkat Partisipasi Ibu Balita Di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Naskah Publikasi.

Susanti, D., Wulandari, H., Juaeriah, R., & Dewi, S. P. (2017). Penerapan Interprofessional Education ( IPE ) pada Kelas Ibu Balita oleh Mahasiswa Tenaga Kesehatan untuk Meningkatkan Sikap Ibu terhadap Kesehatan Balita di Kota Cimahi. JSK, 3(243), 51–57.

Wijaya, A. M. (2009). Kelas Ibu Balita. Diambil 9 Mei 2020, dari https://www.infodokterku.com/index.php/en/96-daftar-isi-content/info- kesehatan/helath-programs/184-kelas-ibu-balita

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-21