Hubungan Efikasi Diri Dan Ansietas Terhadap Mahasiswa Skripsi

Penulis

  • Aprida Manurung Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.
  • Anita Pratamah Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.
  • Alda Elvariani Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v7i4.15756

Kata Kunci:

ability, anxiety, education, knowledge, self-efficacy.

Abstrak

To identify whether there is a relationship between self-efficacy and anxiety in nursing students at the Faculty of Health Sciences, Musi Charitas Catholic University who is currently writing a thesis. This article uses a quantitative descriptive method with a sample of 35 respondents in this study. The majority of respondents are female as many as 32 people (91.4%). A total of 27 (77.1%) respondents had a high level of self-efficacy, but as many as 16 (45.7%) respondents also experienced anxiety in the moderate range. The results of Kendall's Tau-B test found that there was no relationship between self-efficacy (p = 0.933 > 0.05) and anxiety (p = 0.933 > 0.05). Students must improve their self-efficacy so that they do not easily feel anxiety, and can be responsible for carrying out tasks so that they can write a thesis better and can concentrate fully.

Biografi Penulis

Aprida Manurung, Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.

Keperawatan Jiwa, Asisten Ahli

Anita Pratamah, Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.

Keperawatan, Mahasiswa

Alda Elvariani, Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.

Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia.

Referensi

Cervone. (2012). Kepribadian Teori dan Penelitian Edisi 10 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Della, d. (2019). Efikasi Diri dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Menjalani Perkuliahan Daring.

Dwidiyanti. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 1-7.

Fatkhul, M. (2019). Usia dan Jenis Kelamin Berhubungan Dengan Tingkat Ansietas Pasangan Yang Ditinggal Bekerja Keluar Negeri. COPING, 156-170.

Gede. (2011). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitiasi Sistematis Untuk Meredukasi Kecemasan Menghadapi Ujian. ISSN, 1412-565X.

Handayani. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character, 1-2.

Harahap. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 51-68.

Hartono. (2012). Pengaruh Self Efficacy (efikasi diri) Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Indra. (2021). Keperawatan Jiwa Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Keperawatan. Indramayu. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Livana, d. (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. COPING, 113-118.

Natalia. (2021). Profesi Keguruan Kompentensi dan Permasalahan. Yayasan Kita Menulis.

Siti. (2011). Sastra Teori dan Metode. Yogyakarta: Jurusan Sastra Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ujang. (2018). Riset Pemasaran dan Komsumen. Bogor: IPB Press.

Yusuf, A. (2021). Apa Itu Skripsi, Pengertian, Jenis, Struktur, dan Karakteristik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-16