Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Gaya Gravitasi Siswa Kelas 4 SDN Kauman 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.26245Abstrak
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gravitasi melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media komik di kelas IV SDN Kauman 1 Malang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan signifikan pada setiap siklus. Pada prasiklus, hanya 42,8% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), meningkat menjadi 71,4% pada siklus I, dan 89,3% pada siklus II. Penggunaan media komik membantu memvisualisasikan konsep abstrak serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, model PjBL berbantuan media komik efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Katakunci: Gaya gravitasi, media komik, penelitian tindakan kelas, project based learning.
Referensi
Ansya, Y. A. U. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43-52.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.
Kusuma, I. G. A. J. (2018). Penerapan Model Pjbl Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29-38.
Mu'min, S. A. (2013). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Nafala, N. M. (2022). Implementasi media komik dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114-130.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.
Sutrisna, N., & Gusnidar, G. (2022). Pengembangan buku siswa berbasis inkuiri pada materi IPA untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859-2868.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Widodo, M. B. P., Aula, A. F. Y., Riswanti, M. L., & Rozi, A. F. (2023). Society 5.0 pembelajaran IPS. Cahya Ghani Recovery.
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-05-24 (3)
- 2025-05-24 (2)
- 2025-05-24 (1)