Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kahoot! pada Pembelajaran Matematika sI SMAM 7 Surabaya

ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITY USING THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL ASSISTED BY KAHOOT! IN MATHEMATICS LEARNING AT SMAM 7 SURABAYA

Penulis

  • Veny Maulina Mahasiswa UMSby

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24757

Kata Kunci:

Problem Based Learning, kahoot, keaktifan siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Kahoot! dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa di kelas XI-2 SMAM 7 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Kahoot!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot! dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dengan aspek kegiatan menulis dan emosional memperoleh persentase tertinggi sebesar 91%, diikuti dengan aspek visual dan mental 89%, kegiatan mendengarkan 86%, dan kegiatan lisan 80%. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot! tidak hanya membantu siswa memahami materi secara lebih menyenangkan, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Kahoot!, Problem Based Learning (PBL)

Referensi

Aprilita, T. D., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learningpada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 546–560. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Lestari, E. P., Januar, H., Miyono, N., & Riskiyati, N. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 10735–10744.

Mulyadi, E. (2021). Penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 359–367. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.295

Oktiana, I., Sapti, M., & Nugraheni, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JCRD: Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 582–593.

Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388–396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.

Sutrisna. (2022). Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197–205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354

Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634–638. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.667

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-06

Cara Mengutip

Maulina, V. (2025). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kahoot! pada Pembelajaran Matematika sI SMAM 7 Surabaya: ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITY USING THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL ASSISTED BY KAHOOT! IN MATHEMATICS LEARNING AT SMAM 7 SURABAYA. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(3). https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24757