Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kahoot! pada Pembelajaran Matematika sI SMAM 7 Surabaya
ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITY USING THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL ASSISTED BY KAHOOT! IN MATHEMATICS LEARNING AT SMAM 7 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24757Kata Kunci:
Problem Based Learning, kahoot, keaktifan siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Kahoot! dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa di kelas XI-2 SMAM 7 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Kahoot!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot! dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dengan aspek kegiatan menulis dan emosional memperoleh persentase tertinggi sebesar 91%, diikuti dengan aspek visual dan mental 89%, kegiatan mendengarkan 86%, dan kegiatan lisan 80%. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot! tidak hanya membantu siswa memahami materi secara lebih menyenangkan, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Kahoot!, Problem Based Learning (PBL)
Referensi
Aprilita, T. D., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learningpada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 546–560. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Lestari, E. P., Januar, H., Miyono, N., & Riskiyati, N. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 10735–10744.
Mulyadi, E. (2021). Penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 359–367. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.295
Oktiana, I., Sapti, M., & Nugraheni, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JCRD: Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 582–593.
Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388–396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.
Sutrisna. (2022). Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197–205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354
Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634–638. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.667