Pembelajaran Kolaboratif Menulis Teks Rekon Berbantuan Media Padlet Sebagai Sarana Latihan Siswa Kelas IX SMPM 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24691Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mnenggambarkan penerapan pembelajaran kolaboratif menulis teks rekonstruktif berbantuan media Padlet sebagai sarana latihan bagi siswa kelas IX di SMPM 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena pembelajaran yang terjadi, serta menganalisis dampaknya terhadap keterampilan menulis siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan siswa dan guru, observasi selama proses pembelajaran, serta dokumentasi hasil tulisan siswa yang diposting di Padlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif ini berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses menulis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif berbantuan media Padlet dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, serta memperkenalkan mereka pada penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Referensi
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. Anwarul, 1(1), 137–152. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.52
Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2022). Meracik Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Padlet Untuk Menulis Teks Eksplanasi. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22660
Bueti, A. (2021). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.55883/jipkis.v1i2.9
Basrowi, & Suwandi. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Chamidah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dan Padlet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Caption. Dharma Pendidikan, 17(1), 83–94. https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.191
Fitriani, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Padlet dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 4(1), 1–15.
Hadi, N., Hanafi, S., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614–8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839
Hasbullah, H., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7544–7555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3575
Mahamsiatus Kamaruddin, & Syakima Ilyana Ibrahim. (2021). Diagnostik item kebolehgunaan padlet dalam mengaplikasi model trialogical menggunakan pengukuran rasch. Journal of ICT in Education (JICTIE), 8(1), 61–72.
Mufaridah, F., Hima, R., Kuntadirga, B. A., & Arillia, S. N. (2022). Media Padlet Sebagai Teknologi Pedagogik: Persepsi Guru Dan Pemanfaatnnya Pada Pembelajaran. Jurnal NAULI, Jurnal Pengabdian Mayarakat, 1(3), 43–51. https://doi.org/10.1234/jurnal nauli.v1i3.922
Muhyidin, M., Salsabila, U., Fadillah, A. N., Rifki, M., & Natifa, T. (2022). Implementasi Media Platform Padlet dalam Pembelajaran PAI sebagai Bentuk Melek Digital di Era 4.0. Tsaqofah, 2(2), 266–274. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i2.335
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd Di Sdn Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670
Mujizatullah. (2021). Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif pada Sekolah Umum / Madrasah di Kabupaten Bone Religious Moderation Learning Innovations Through Creative Media in Public Schools / Madrasahs in Bone Regency Mujizatullah Balai Penelitian dan Pe. 9(2), 231–250
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nelawati, Andrizal, & Mailani, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pai Di Sd Negeri 020 Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks, 1, 70–85
Nofrion. (2021). Padlet sebagai Platform Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi (Sebuah Panduan Sederhana). Journal Buana, 1–8. https://osf.io/preprints/osf/7ehg4
Pratama, N. A., & Nuryadi. (2022). “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Kembang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 320–325.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7226/4454
Rachmadyanti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa PGSD tentang Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Microteaching. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekola h Dasar), 9(2), 103–115. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17105/9886
Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Jurnal Karya Ilmiah Guru Dinas, 6(2), 144–152
Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352
Widyanto, P., Wardani, N. S., & Permana, I. (2021). Pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan padlet untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 60–65.