Optimization of The Use of LKPD in The Implementation of Problem Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Abilities

Penulis

  • vinda rimadhani Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24682

Kata Kunci:

LKPD, Problem Based Learning, Critical thinking

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan LKPD dalam menerapkan PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Focus penelitian adalah pada kelas dan proses pembelajaran didalamnya, khususnya pada kemampuan berfikir kritis dalam pengerjaan LKPD yang diukur melalui observasi. Penelitian menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dengan alat pengumpul data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada petemuan pertama kemapuan berfikir kritis siswa hanya mencapai 65% dengan kriteria sedang. Namun seiring berjalannya waktu dan pertemuan kedua terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa. Pada penelitian yang dilakukan di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Surabaya diperoleh hasil bahwa aktivitas guru dan siswa dalam mengimplementasikan LKPD dengan model PBL pada mata pelajaran IPA sudah memenuhi kriteria baik. Kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan meelalui model PBL sudah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan.

Referensi

Ayirahma, R. M., & Muchlis, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1961

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fatmawanti, I., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.32

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152–161. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.258

Mahliani, & Sari Raihanah. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa Kelas V Muaatan IPS dengan Model PERSAHABATAN di SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 534–540.

Narindra, P. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tema 4 Sehat Itu Penting Sub Tema 1 Peredaran Darahku Sehat Pada Peserta Didik Kelas V SDN Banyurip Kecamatan Andong Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 48–67. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.37

Numan, A. Z., Miftakhur Rosyid, A., Kustowo, A., Hakiman, H., Suluri, S., & Alwiyah, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Jual Beli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), 383–396. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/2321

Radiansyah, & Amalia, E. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 5 Oktober 2022 Increasing Students ’ Learning Outcomes of Single and Mixed Objects Learning Materials Through the Combination Models of Pbl , Nht and Mm Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekola. 11(5), 1545–1554.

Siti. (2021). Analisis iterasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.

Wahyu Triandani, & Nilamsari Damayanti Fajrin. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn Kerep Kidul Nganjuk. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2). https://doi.org/10.62281/v2i2.168

Yuni, Y., Ardilansari, A., Saddam, S., Candra, C., Muttaqin, Z., & Maemunah, M. (2023). Tingkat Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Nalar Siswa PPKn. Seminar Nasional Paedagoria, 3(1), 80–89. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16301

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-10 — Diperbaharui pada 2025-03-10

Versi

Cara Mengutip

rimadhani, vinda. (2025). Optimization of The Use of LKPD in The Implementation of Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Abilities. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(3). https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24682