Validitas Media Infografis Teks Editorial Melalui Swipe Tik Tok Untuk Siswa Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v3i3.24656Kata Kunci:
validitas, infografis, teks editorial, TikTokAbstrak
Kegandrungan siswa dalam menggunakan media sosial tik tok dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai wadah penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran infografis teks editorial yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi TikTok dalam bentuk swipe. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrument penelitian berupa lembar validasi. Media ini divalidasi oleh 3 validator. Berdasarkan hasil validasi, media dinyatakan layak untuk digunakan dengan presentase 79,1% pada kriteria kelayakan isi, 83,3% pada kriteria kelayakan bahasa, 75% pada kriteria kelayakan penyajian, 73,3% pada kriteria kelayakan kegrafikaan, 83,3% pada kriteria kelayakan penggunaan.
Referensi
Ahdi, A., Wahjoedi, & Gunarto , P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TikTok Pada Pembelajaran PJOK Materi Narkoba Pada Peserta Didik Kelas X MAN Karangasem. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan, Vol.10 No.3, 103-112.
Asri Tanjung, A., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasialpada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA, Vol. 6 No.2, 465-473.
Branchais , S., & Achamadi, H. (2019, Juli). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 08 No. 02, 508-511.
Chotijah, F. (2021). TikTok Sebagai Media Kreativitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, Vol. 22 No.1, 105-130.
Delfira, A., & Ardi. (2021, April). Validitas Media Pembelajaran E learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Biologi dan Pemberdayaannya, Vol 8 No. 1, 7-13.
Dewanti R.A, Yana, Y., Maretha, D., Ulfa, K., Kurratul, A., Asnilawati, . . . Nurokhman, A. (2019). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Materi Plantae di KElas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, (pp. 23-28).
Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan. JIPTI, Vol. 01 No.01, 9-15.
Hulinggi, M., & Mohamad, N. (2022, Agustus). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok pada materi pengetahuan dasar geografi. Jurnal IDEAS, Vol. 8 No.3, 913-920.
Lestari , E., Ardhuha , J., Verwati, P., & Susilawati. (2023, April). Validitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Gropu Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI. JurnalIlmiah Profesi Pendidikan, Vol. 8 No. 1b, 620-626.
Mulder, S., Khoiri, N., & Hayat Syaipul, M. (2023, April). Validitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Web dengan Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. HAFECS, Vol. 2 No. 1, 11-17.
Nurhanaysa, Irfan, M., & Rahman , A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok tentang konsep bullying pada siswa sekolah dasar di kota Makassar. PINISI Jurnal Of Education, Vol.2 No.6, 88-93.
Pea Imelda, J., Walidain, N., Hermansyah, Fitriyanto, F., & Darmanto. (2021). Media Pembelajaran fisika Berbasis TikTok untuk Membantu Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Kajian Teknologi & Lingkungan , vol.4 No.1, 262-267.
Putri Heni, A., Ardi, Alberida, H., & Yogica, R. (2021). Validitas Media Pembelajaran E-Learnng Berbasis Edmodo pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Journal For Lesson and Learning Studies, Vol. 4 No. 2, 230-237.
Putri Septiyana, B., & Sulistyaningrum, H. (2022, April). Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Sparkol Videoscribe Berbasis CTL untuk Siswa KElas VIII SMP . Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, Vol. 4 No. 1, 29-36.
Siburian, J., Corebima, D., Ibrohim, & Saptasari , M. (2019, Juni). Analisis Validitas Hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 5 No. 1, 31-47.
Sugiharni Dessy, G. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Beriorentasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol.2 No.2, 88-95.
Suprihatin, G. (2022). Penggunaan Media TikTok dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTSN 4 Gunungkidul. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No.1, 107-115.
Taubah, M. (2020, Vol.2 No.1). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Muallim Jurnal Pendidikan Islam, 57-66.
Tibyani, A., & Adhe, R. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dengan pokok bahasan menstimulasi fisik motorik kasar pada tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, Vol. 10 No.2, 67-82.
Zhuhuri, N., Sujinah, S., Fatin, I., Haryanti, T., & Suoriyanto, E. (2023, Mei). Validitas Video Pembelajaran Teks Deskripsi "Wisata Religi Surabaya" Fase D. Jurnal IDEAS, Vol. 9 No. 2, 455-460.