The Phonics Approach Improves Early Reading Skills in Preschoolers Aged 4-5 Years
DOI:
https://doi.org/10.30651/ipcs.v3i1.24540Abstrak
Rendahnya kemampuan membaca tahap awal anak usia 4-5 tahun
disebabkan karena belum adanya metode pembelajaran membaca
yang diterapkan di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk
mengeksplorasi dan mengidentifikasi kemampuan membaca tahap
awal anak usia 4-5 tahun melalui pengimplementasian metode
pendekatan fonik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah
kelompok A usia 4-5 tahun sebanyak 18 anak dengan jumlah anak laki-
laki 10 dan anak perempuan 8. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian
menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi penelitian.
Teknik analisis data menggunakan tahapan langkah sebagai berikut:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pendekatan fonik sebagai
metode alternatif yang sangat efektif dan efisien dirasa mampu dalam
menangani permalasan membaca tahap awal anak usia dini. Implikasi
implementasi pendekatan fonik dengan menggunakan berbagai media
sangat memudakan anak dalam mengekplorasi kemampuan membaca
tahap awal. Dengan demikian metode pendekatan fonik ini sangat layak
untuk diterapkan pada anak usia dini dalam meningkatkan
pembelajaran membaca tahap awal di sekolah.
Referensi
Natalia, D., & Kurniawaty, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui
Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,
(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049.
Novela, T. (2019). Dampak Peran Ayah Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Raudhatul
Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29.
https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200.
Novita, A. (2018). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Aṭfālunā:
Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 11–19.
https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.769.
Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan
Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning
Studies, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574.
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 35–58.
https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.53.
Ratna, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan
pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99.
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800.
Rina, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Buku Cerita Anak pada Siswa SD Kelas
SD Negeri Tikukur 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Elementary Education, 5(6).
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/14557.
Robiatus, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak usia Dini.
Golden Age: Jurnal Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.29313/ga.jjpaud.v5i1.8522.
Ruqiah, G. P. P., & Titin, E. S. R. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Sebagai
Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1).
https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1/17966.
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.
International Journal of Elementary Education, 4(1), 100.
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383.
Santi, N. P. I. K., Indrawan, I. N., Dewi, I. A. A. C. S., Danggur, M. D. S. D. A., & Adipurwa, A. A. T. A. (2022).
Penerapan Metode Fonik dan Biblioterapi untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam
Menabuh Gamelan di Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
(1), 1–9. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/abdiwidya/article/view/886.
Saragih, A., & Widayat, I. W. (2020). Metode Fonik Dan Proximal Self Motivation untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 26.
https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3589.
Shofia, & Dadan. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Widiyanti, D. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain
Flash Card. Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen PAUD, 4.
https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.265.
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Yahya, R. N., N, P. S., Jannah, A. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelolaan Perpustakaan dalam Mengembangkan
Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 74–79.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 H. Khotimah, R. Abidin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.