Rancang Bangun Sistem Log Management Biometric Access Control Pada Data Center

Isi Artikel Utama

Rachmad Syaifudin
Sabri Balafif
Tining Haryanti

Abstrak

Data Center adalah tempat untuk menyimpan sistem telekomunikasi, sistem server komputer, peralatan jaringan, dan penyimpanan data. Data center berfungsi untuk memastikan keamanan server dan perangkat yang tersimpan di data center. Pekerja yang berinteraksi dengan data center memiliki akses khusus. Standar keamanan data standar ditetapkan pada ISO 270001, setiap pengunjung data center harus dipantau. Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan layanan keamanan pada data center melalui pemantauan pengunjung. Sidik jari digunakan sebagai identifikasi khusus untuk engineer yang berinteraksi dengan data center. Sistem keamanan data center dalam penelitian ini menggunakan Arduino Mega sebagai pengontrol utama, modul sensor sidik jari FPM10A, modul RTC, modul SIM800L, modul wifi ESP8266, kunci pintu solenoid, dan aplikasi web sebagai pemantauan data log. Sistem ini berfungsi untuk memonitor akses data center secara langsung. Pemberitahuan SMS dan data log aplikasi web dikirim ke manajemen ketika sensor sidik jari diakses. Dengan menerapkan sistem keamanan pada data center, pengguna diharapkan mendapatkan jaminan keamanan.

Kata Kunci : Data center, Finger log data, Arduino Mega, FPM10A, RTC, SIM800L, ESP8266.

 

Rincian Artikel

Referensi

  1. Dewananta, "Pengantar Jaringan Komputer - Data Center," from ilmukomputer.com, 2017.
  2. Iskandar, "Sistem keamanan pintu berbasis arduino mega," Jurnal Informatika Upgris, vol. 3, pp. 1-6, 2017.
  3. Arduino, "https://www.arduino.cc," Arduino, [Online]. Available: https://www.arduino.cc/en/Tutorial/HelloWorld. [Accessed 15 January 2019].
  4. M. I. Mahali, "SMART DOOR LOCKS BASED ON INTERNET of THINGS CONCEPT WITH MOBILE BACKEND as a SERVICE," Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), vol. 1, no. MODUL ESP8266, pp. 173 - 174, 2016.
  5. M. A. Baidowi, "Otomatisasi Pengunci Rak Server Dengan QR Code Menggunakan Android Dan SMS Gateway," pp. 1-6, 2018.
  6. A. Industries, "Adafruit Optical Fingerprint Sensor," Adafruit Industries.