Pengujian Kualitas Website MOOC PPPK Pada Faktor Product Operation Menggunakan Metode McCall
Abstrak
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menggunakan website Massive Open Online Course (MOOC) sebagai media Pembelajaran dan pemberian materi dan tugas untuk pegawai pemerintah perjanjian kerja untuk menjadi ASN yang profesional, Namun sampai saat ini kualitas website MOOC belum pernah dilakukan pengujian mutu. hal tersebut yang melatarbelakangi penulisan penelitian ini. Pengujian ini menggunakan kerangka kerja McCall pada lingkup product operation dimana hal yang diuji adalah faktor correctness, reliability, efficiency, integrity, dan usability. Metode yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada Pegawai (PPPK) Provinsi Kalimantan Utara yang berisi faktor kualitas perangkat lunak yang akan digunakan. Berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari tanggapan Pegawai (PPPK) terhadap website MOOC. Hasil pengujian kualitas MOOC dengan menggunakan metode McCall pada aspek product operation, adalah sebagai berikut; nilai untuk faktor kualitas correctness sebesar 82.6% (sangat baik), nilai untuk faktor kualitas reliability sebesar 75% (baik), nilai untuk faktor kualitas efficiency sebesar 67,2% (baik), nilai untuk faktor kualitas integrity sebesar 82% (sangat baik), nilai untuk faktor kualitas usability sebesar 55.4% (cukup baik). Secara keseluruhan berdasarkan teori kualitas McCall pada kategori product operation, MOOC memiliki kualitas yang cukup baik (mendapat nilai 53%).
Artikel teks lengkap
Referensi
Christina Juliane, Rizal Dzulkarnaen, and Windi Susanti, “Metode McCall’s untuk Pengujian Kualitas Sistem Informasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA),†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 3, pp. 488–495, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i3.1170.
A. Suhari Camara M, K. Aelani, and F. Dwi Juniar S, “Pengujian Kualitas Website menggunakan Metode McCall Software Quality,†J. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2021, doi: 10.47292/joint.v3i1.43.
S. R. Yulistina, T. Nurmala, R. M. A. T. Supriawan, S. H. I. Juni, and A. Saifudin, “Penerapan Teknik Boundary Value Analysis untuk Pengujian Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Black Box Testing,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 129, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.5366.
A. Charolina and J. A. Sucipto, “Pengujian Kualitas Website Universitas Sahid Surakarta Menggunakan Metode Mc Call,†Gaung Inform., no. 0271, pp. 1–12, 2011.
A. Hidayati, E. Oktariza, F. Rosmaningsih, and S. A. Lathifah, “Analisa Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Menggunakan McCall,†Multinetics, vol. 3, no. 1, p. 48, 2017, doi: 10.32722/multinetics.vol3.no.1.2017.pp.48-53.
H. Hanes, A. Angela, and S. S. Br, “Pengukuran Kualitas Website Penjualan Tiket Dengan Menggunakan Metode Mccall,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 2, pp. 81–88, 2020.
W. Suryn, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, vol. 9781118592496. 2014. doi: 10.1002/9781118830208.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 jemmy lendamanu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.