Isi Artikel Utama

Abstrak

Artikel ini mendeskripsikan pengaruh program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Jepang terhadap peningkatan peningkatan pengetahuan akademik dan peningkatan skill mahasiswa pada bidang perikanan. Metode analisis yang digunakan yaitu metode campuran (mixed methods), yang mengombinasikan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh gambaran data yang lebih menyeluruh. Responden penelitian terdiri dari 20 mahasiswa peserta magang MBKM di 9 perusahaan kerang scallop (hotate) di Hokkaido Jepang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berskala Likert lima level yang telah melalui proses uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan seluruh butir pertanyaan memiliki nilai r-hitung yang melebihi r-tabel (0,514), sedangkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,968 yang mengindikasikan tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Analisis data menghasilkan skor total 93 dari 100, dengan indeks interpretasi 91,25% yang termasuk kategori “Sangat Setuju”. Temuan ini menegaskan bahwa pelaksanaan magang MBKM di Jepang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pengetahuan akademik dan peningkatan skill (soft skills dan hard skills) mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan adanya keberlanjutan program magang sebagai upaya peningkatan kompetensi mahasiswa.

Kata Kunci

hard skills magang internasional MBKM pengetahuan soft skills

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdin, I. N., Nurdin, I. N., & Anwar, L. O. (2025). Pengaruh Program Magang (Internship) MBKM di Jepang terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Skill Mahasiswa Perikanan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 563–572. https://doi.org/10.30651/aks.v9i4.28001

Referensi

  1. Alimin, M. (2022). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Produktivitas Nasional. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(1), 15–24.
  2. Edukatif. (2022). Evaluasi dampak program MBKM pada bidang studi akuakultur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4512–4523.
  3. Fatah, A. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 282–290.
  4. Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Cetakan X, revisi). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Hermanto, A., Kusnanto, G., & Fadilah, N. (2021). Pengembangan Model Sistem Informasi Dalam Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Untuk Mendukung Program MBKM. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 20–27.
  6. Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706.
  7. Mulyana, M., Wahyudin, Y., Lesmana, D., Muarif, M., & Mumpuni, F. S. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551–1564.
  8. Nippon Communications Foundation. (2024) Japan’s 2023 fishery and aquaculture output up 5% in value despite drop in volume.
  9. Oranga, J., Matere, A., & Njura, E. (2025). The mixed methods research approach: An overview. Postmodernism Problems, 15(1), 84–99. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Putra, M. Y. E., & Anriva, D. H. (2023). Eksplorasi kegiatan mahasiswa dalam program magang MBKM: Studi kasus di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Kantor Cabang Pekanbaru. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–31.
  11. Rahmawati, A., Suryaningrum, C., & Puspitasari, D. (2021). Pengaruh pengalaman magang, minat kerja, dan soft skills terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Kompetensi Industri, 15(2), 85–94.
  12. Ridho, M., Putri, A. P., Haifani, N., & Shafarani, A. (2025). Digital Society 5.0: Trend initiating quality education in Indonesia. ResearchGate.
  13. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.
  14. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-29). Bandung: Alfabeta.
  15. Suryana, A. A. H., & Herman, R. G. (2023). TheCultivationofScallop (Patinopecten yessoensis) in Hokkaido, Japan. Asian J. Fish. Aqu. Res, 25(3), 67-73.
  16. Sutarni, N., Arief Ramdhany, M., Hufad, A., & Kurniawan, E. (2021). Self-regulated learning and digital learning environment: Its’ effect on academic achievement during the pandemic. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 374–388.
  17. Triastuti, I. A., & Prasetya, H. S. (2022). Evaluasi Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Fakultas Kedokteran. Jurnal Kedokteran Meditek, 28(3), 269–277.
  18. Wijayanti, D., & Cahyadi, R. T. (2024). Persepsi dampak dan kesiapan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berdasarkan analisis dependensi minat mahasiswa dengan pengetahuan. Jurnal Kajian Ilmiah, 23(1), 59–70.

Artikel Serupa

<< < 13 14 15 16 17 18 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.