Isi Artikel Utama
Abstrak
Transformasi digital menjadi kebutuhan mendesak di berbagai sektor, termasuk pendidikan berbasis agama seperti pesantren. Namun, banyak pesantren menghadapi hambatan seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan sumber daya teknologi, dan kurangnya motivasi santri terhadap karier di bidang teknologi. Pesantren bernama Muhammadiyah Boarding School (MBS) 2 Ki Bagus Hadikusumo di Jampang, Jawa Barat, menjadi contoh nyata tantangan tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Inspiratif dari Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta menghadirkan solusi melalui sosialisasi digital marketing, pelatihan desain grafis menggunakan Canva, motivasi karier di bidang teknologi, serta edukasi pencegahan kekerasan seksual. Tujuan dari program ini adalah memberdayakan santri melalui peningkatan keterampilan digital, membangun kepercayaan diri dalam pemanfaatan teknologi, serta memperluas wawasan tentang peluang ekonomi digital. Melalui pendekatan ini, diharapkan santri menjadi pribadi adaptif, kompetitif, dan inovatif dalam menghadapi era digital. Selain itu, program ini mendorong pesantren menjadi motor penggerak transformasi digital di masyarakat desa, sejalan dengan kebijakan pemerintah. Program ini juga menjadi model pengabdian masyarakat berbasis pesantren yang terintegrasi dan berkelanjutan, sebagai model lanjutan dari KKN Plus yang memilih mitra pesantren.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Adiansyah, D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kesalehan Sosial Di Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Era Society 5.0. 1, 64–81.
- Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V8i2.43560
- Anam, K., & Asror, D. A. (2024). Pendampingan Dan Pelatihan Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Bookcreator Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3).
- Asror, M. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 42–53. Https://Doi.Org/10.58561/Mindset.V1i1.26
- Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital Di Indonesia: Peluang Dan Tantangan Untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21787/Jskp.2.2023.27-40
- Farah Qalbia & M. Reza Saputra. (2023). Transformasi Digital Dan Kewirausahaan Syariah Di Era Modernitas: Peluang Dan Tantangan Dalam Ekonomi Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(2), 389–406. Https://Doi.Org/10.54066/Jmbe-Itb.V2i2.2665
- Haris, I. A. (2023). Pesantren : Karakteristik Dan Unsur-Unsur Kelembagaan. 02(03).
- Hartati, D. A., Ambo, A. M. C., Ihsan, F., Zelila, Z., & Nursin, E. (N.D.). Penguatan Kapasitas Administrasi Pemerintahan Desa. 7.
- Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Suleman, M. A., Marliansyah, A., & Febriansyah, R. (2024). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.59841/Ihsanika.V2i4.1957
- Hayati, M., Fitriyah, L., & Pratami, F. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Digital Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja Unit Al Umami. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), Article 6. Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V2i6.3870
- Muthmainnah, Y. (2024). KKN Plus, Ruang Perjumpaan Muhammadiyah-NU. Media Indonesia, 18 September 2024. Link https://mediaindonesia.com/opini/701904/kkn-plus-ruang-perjumpaan-muhammadiyah-nu
- Pontoh, A. N., Abdul Mujib Syadzali, Andi Akbar Hidayatullah, Muhammad Kresna Arya A, Fauzan Pachrozi Yandra, Nandiva Anindhia Apriliana, Rania Annisa Forester Bangabua, Muhammad Ryco Amanda Saputra, & Ananda Aulia Hasanah. (2024). Pelatihan Desain Poster Digital Kepada Santri Dan Santriwati Pondok Pesantren Bairuha Di Kota Balikpapan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Itk (Pikat), 5(1), 45–52. Https://Doi.Org/10.35718/Pikat.V5i1.1116
- Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The Urgency Of Digital Technology In Education: A Systematic Literature Review. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. Https://Doi.Org/10.29210/1202423960
- Ridwan, M., & Maryati, S. (2024). Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Kontemporer. 7(2).
- Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (Snistek), 5, 84–90. Https://Doi.Org/10.33884/Psnistek.V5i.8067
- Sugiyono (2018) Metode penelitian kuantitatif. Cet. 1. Bandung : Alfabeta.
- Santoso, B., Sabri, Y., & Rahmat. (2024). Pesantren Dan Pembaharuannya (Modernisasi Pesantren): Arah Dan Implikasi. Jurnal Paris Langkis, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.37304/Paris.V5i1.15404
- Wijayanto, A. (2022). Nuansa Transformasi Teknologi Dan Pelatihan Support Sistem. Open Science Framework. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Wgc2d
- Zaini, A. (2021). Uu Pesantren No 18 Tahun 2019: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman Bagi Pesantren Dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Di Kabupaten Tuban. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.51675/Jt.V15i2.182
Referensi
Adiansyah, D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kesalehan Sosial Di Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Era Society 5.0. 1, 64–81.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V8i2.43560
Anam, K., & Asror, D. A. (2024). Pendampingan Dan Pelatihan Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Bookcreator Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3).
Asror, M. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 42–53. Https://Doi.Org/10.58561/Mindset.V1i1.26
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital Di Indonesia: Peluang Dan Tantangan Untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21787/Jskp.2.2023.27-40
Farah Qalbia & M. Reza Saputra. (2023). Transformasi Digital Dan Kewirausahaan Syariah Di Era Modernitas: Peluang Dan Tantangan Dalam Ekonomi Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(2), 389–406. Https://Doi.Org/10.54066/Jmbe-Itb.V2i2.2665
Haris, I. A. (2023). Pesantren : Karakteristik Dan Unsur-Unsur Kelembagaan. 02(03).
Hartati, D. A., Ambo, A. M. C., Ihsan, F., Zelila, Z., & Nursin, E. (N.D.). Penguatan Kapasitas Administrasi Pemerintahan Desa. 7.
Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Suleman, M. A., Marliansyah, A., & Febriansyah, R. (2024). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.59841/Ihsanika.V2i4.1957
Hayati, M., Fitriyah, L., & Pratami, F. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Digital Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja Unit Al Umami. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), Article 6. Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V2i6.3870
Muthmainnah, Y. (2024). KKN Plus, Ruang Perjumpaan Muhammadiyah-NU. Media Indonesia, 18 September 2024. Link https://mediaindonesia.com/opini/701904/kkn-plus-ruang-perjumpaan-muhammadiyah-nu
Pontoh, A. N., Abdul Mujib Syadzali, Andi Akbar Hidayatullah, Muhammad Kresna Arya A, Fauzan Pachrozi Yandra, Nandiva Anindhia Apriliana, Rania Annisa Forester Bangabua, Muhammad Ryco Amanda Saputra, & Ananda Aulia Hasanah. (2024). Pelatihan Desain Poster Digital Kepada Santri Dan Santriwati Pondok Pesantren Bairuha Di Kota Balikpapan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Itk (Pikat), 5(1), 45–52. Https://Doi.Org/10.35718/Pikat.V5i1.1116
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The Urgency Of Digital Technology In Education: A Systematic Literature Review. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. Https://Doi.Org/10.29210/1202423960
Ridwan, M., & Maryati, S. (2024). Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Kontemporer. 7(2).
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (Snistek), 5, 84–90. Https://Doi.Org/10.33884/Psnistek.V5i.8067
Sugiyono (2018) Metode penelitian kuantitatif. Cet. 1. Bandung : Alfabeta.
Santoso, B., Sabri, Y., & Rahmat. (2024). Pesantren Dan Pembaharuannya (Modernisasi Pesantren): Arah Dan Implikasi. Jurnal Paris Langkis, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.37304/Paris.V5i1.15404
Wijayanto, A. (2022). Nuansa Transformasi Teknologi Dan Pelatihan Support Sistem. Open Science Framework. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Wgc2d
Zaini, A. (2021). Uu Pesantren No 18 Tahun 2019: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman Bagi Pesantren Dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Di Kabupaten Tuban. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.51675/Jt.V15i2.182