Isi Artikel Utama

Abstrak

Penulisan artikel ilmiah sebagai upaya pengembangan kualitas pendidikan dan syarat untuk meningkatkan keprofesian guru telah diatur dalam regulasi pendidikan di Indonesia. Merujuk dari regulasi tersebut, maka guru wajib untuk menyusun artikel ilmiah dan mempublikasikannya kedalam jurnal bereputasi. Fenomena yang terjadi adalah guru cenderung merasa kesulitan untuk menyusun artikel ilmiah karena belum memiliki wawasan mengenai strategi penulisan artikel yang baik dan sesuai kaidah ilmiah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan pelatihan untuk memfasilitasi guru dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan menulis artikel ilmiah. Tujuan pengabdian ini supaya para guru memiliki keterampilan dalam menulis artikel ilmiah yang baik dan benar serta dapat mempublikasikan karya mereka kedalam jurnal bereputasi. Metode yang digunakan adalah ceramah dan pendampingan penyusunan artikel ilmiah secara online. Peserta dibimbing mengenai pembuatan artikel mulai judul sampai dengan kesimpulan dan diperkenalkan tata cara penyerahan naskah menggunakan sistem di website jurnal. Hasil kegiatan adalah peserta dapat memahami prosedur penyusunan dan dapat mempublikasi artikel di jurnal bereputasi di bidang pendidikan.

Kata Kunci

artikel ilmiah jurnal bereputasi kualitas profesi guru pelatihan guru strategi publikasi.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abdurrahman, Parmin, & Muryanto, S. (2022). Evaluation on the automotive skill competency test through ‘discontinuity’ model and the competency test management of vocational education school in Central Java, Indonesia. Heliyon, 8(2), e08872. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08872
  2. Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457
  3. Arrafii, M. A. (2021). Indonesian teachers’ conceptions of values and dimensions of assessment practice: The effect of teachers’ characteristics. Teaching and Teacher Education, 98, 103245. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103245
  4. Brutti, Z., & Sánchez Torres, F. (2022). Turning around teacher quality in Latin America: Renewed confidence and lessons from Colombia. Economic Analysis and Policy, 73, 62–93. https://doi.org/10.1016/j.eap.2021.10.008
  5. Caswita. (2020). Forum Gumeulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah di Kota Tasikmalaya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 418–429. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.122
  6. Copriady, J., Zulnaidi, H., Alimin, M., & Albeta, S. W. (2021). In-service training and teaching resource proficiency amongst Chemistry teachers: the mediating role of teacher collaboration. Heliyon, 7(5), e06995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06995
  7. Ecarnot, F., Seronde, M.-F., Chopard, R., Schiele, F., & Meneveau, N. (2015). Writing a scientific article: A step-by-step guide for beginners. European Geriatric Medicine, 6(6), 573–579. https://doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005
  8. Efriani, A., Arifin, S., & Nery, R. S. (2022). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Guru Matematika di Masa Pandemi COVID 19. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 276. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.6141
  9. Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
  10. Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Untuk Jurnal Nasional Dan Internasional Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 27(2), 181–185.
  11. Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10
  12. Kyaw, M. T. (2022). Policy for promoting teacher educators’ research engagement in Myanmar. Teaching and Teacher Education, 113, 103680. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103680
  13. Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.739
  14. Mukhlis, I., Yusida, E., Dwiputri, I. N., & Yunikawati, N. A. (2020). Pelatihan Metode Dasar Statistika Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bidang Ekonomi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 28–34.
  15. Munasir, Budi, J., Dwikoranto, & Hainur, A. R. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se-Uptd Pendidikan Kec . Sawahan. Abdi, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p119-125
  16. Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Bagi Guru Profesional Di SMA N 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10, 97–114.
  17. Ping, C., Schellings, G., & Beijaard, D. (2018). Teacher educators’ professional learning: A literature review. Teaching and Teacher Education, 75, 93–104. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.06.003
  18. Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Widodo, A., Haryati, L. F., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD 1 dan 45 Pemenang Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 240–246.
  19. Sagala, D., Supriyono, S., Sutardi, D., & Prihanani, P. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.742
  20. Sulianto, J., Muryantobroto, M., Untari, M. F. A., Budiman, M. A., & Wardana, M. Y. S. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah Dan Karya Tulis Populer Bagi Kelompok Kerja Guru Kelas Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 54. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i1.14396
  21. Suprapto, N. (2016). What should educational reform in Indonesia look like? - Learning from the PISA science scores of East-Asian countries and Singapore. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(2).
  22. Zheng, X., Yin, H., & Wang, X. (2021). “Doing authentic research” with artifacts to facilitate teacher learning across multiple communities. Teaching and Teacher Education, 105, 103394. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103394

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.