Isi Artikel Utama

Abstrak

Wabah Covid-19 merupakan ancaman nyata bagi kesehatan global dan menjadi beban dan tantangan serius bagi semua negara. Covid-19 berdampak pada melemahnya perekonomian, tetapi dampaknya juga dirasakan dalam dunia pendidikan. Keprofresionalan seorang guru sangatlah dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung program pemerintah khususnya peningkatan kualitas pendidikan, terutama di masa pandemi saat ini. Seorang guru yang profesional juga diharapkan selalu melakukan penelitian yang dituangkan dalam suatu karya tulis ilmiah. Untuk mendukung kualitas dari karya tulis ilmiah, analisis data dalam penelitian juga sangat diperlukan. Di sisi lain, MGMP Matematika SMP Kabupaten Lumajang membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kinerja guru. Sehingga, menggiatkan guru untuk melakukan penulisan karya ilmiah dengan analisis statistika adalah salah satu solusi yang tepat dilakukan. Dari hasil yang didapatkan bahwa kriteria keberhasilan dari sisi output telah terpenuhi. Lebih dari 90 persen kelompok telah mencapai target kinerja yang ditetapkan. Sedangkan dari sisi proses, sekitar 80 persen lebih peserta memberikan kesan positif terhadap workshop yang telah dilakukan. Dengan adanya pelatihan tersebut juga ada peningkatan kinerja guru dalam penulisan karya ilmiah sebesar 82 persen.

Kata Kunci

Karya tulis ilmiah matematika Kinerja Pelatihan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

A'yunin Sofro, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Khusnia Nurul Khikmah, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Yusuf Fuad, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Dimas Avian Maulana, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Agung Lukito, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Elok Rizqi Auliya, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Matematika

Referensi

  1. Daniel, John. 2020. “Education and the COVID-19 Pandemic.” Prospects 49(1): 91–96.
  2. Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.
  3. Engkus, Engkus, Nanang Suparman, Fadjar Tri Sakti, and Husen Saeful Anwar. 2020. “Covid-19: Kebijakan Mitigasi Penyebaran Dan Dampak Sosial Ekonomi Di Indonesia.” LP2M.
  4. Fattah, Rafiuddin Afkari bin Hj Abdul. 2010. “Peranan, Strategi Dan Pola Pengembangan Pendidikan Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Inhil Yang Berwawasan Maju Dan Gemilang 2025.” In Telah Dibentangkan Dalam Seminar Nasional" Wujudkan Tembilahan Kota Pendidikan Menuju Indragiri Berjaya Dan Gemilang,.
  5. Fernanda, Jerhi Wahyu, and Noer Hidayah. 2021. “Implementasi Statistika Sebagai Alat Analisis Dalam Pengambilan Keputusan Di Bidang Pendidikan.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 4(3).
  6. Hanoatubun, Silpa. 2020. “Dampak Covid–19 Terhadap Prekonomian Indonesia.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1): 146–53.
  7. Kosgei, Anita, Jairo Kirwa Mise, Odhiambo Odera, and Mary Evelyn Ayugi. 2013. “Influence of Teacher Characteristics on Students’ Academic Achievement among Secondary Schools.” Journal of Education and practice 4(3): 76–82.
  8. Oktaviarina, Affiati, Dwi Juniati, and I Ketut Budayasa. 2019. “Pelatihan Analisis Statistik Untuk Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kediri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA 3(1): 38–42.
  9. Schleicher, Andreas. 2012. Preparing Teachers and Developing School Leaders for the 21st Century: Lessons from around the World. ERIC.
  10. Tanang, Hasan, and Baharin Abu. 2014. “Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia.” Journal of curriculum and teaching 3(2): 25–42.