Kebahagiaan Dalam Perspektif Al-Ghazali Dalam Menyongsong Masyarakat Industri 4.0

Authors

  • Muhammad Wahid Nur Tualeka Dosen Prodi Studi Agama-agama UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v6i2.6462

Abstract

Kebahagiaan adalah merupakan keinginan dari seluruh manusia, baik kebahagiaan didunia maupun kehidupan akhirat. Dan dalam mencari kebahagiaan itu berbagai jalan yang ditempuh untuk mencapai tujuan itu.

Dalam karya tulis ini, penulis merumuskan konsep kebahagiaan dalam perspektif Al-Ghazali dalam upaya menghadapi tantangan-tantangan global revolusi industri 4.0. Dan mengemplementasikan kebahagiaan yang telah digagas ooleh Al-Ghazali untuk menyelamatkan jalan manusia menuju kebahagiaan didunia maupun diakhirat.

Dalam proses penyelesaian penelitianini, penulis menggunakan kajian Pustaka dengan jenis data kualitatif yang data-datanya diperoleh dari kitab-kitab karya Al-Ghazali, skripsi-penelitianterdahulu, dan jurnal-jurnal yang relevan dalam mencari sumber-sumber dasar untuk mencapai kebahagiaan.

Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan  bahwa manusia yang hidup diera industri 4.0 banyak  melakukan segala aktifitasnya untuk kebahagiaan dunia bersifat semu, dan jika mereka lupa dengan kehidupan akhirat, kebahagiaan abadi tidak akan didapatkan.

Published

2020-11-17

Issue

Section

Artikel