Potert Keberagamaan Masyarakat Petani

Authors

  • Mahmud Muhsinin Dosen Prodi Studi Agama-agama UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v6i2.6460

Abstract

Indonesia terkenal sebagai negara agraris, dengan lahan pertania yang luas serta profesi petani yang doniman. Dalam penelitian ini pembahasan yang dikaji adalah yang berkaitan dengan masyarakat petani di desa prambanan kec. Gayam kab. Sumenep. Dengan fokus penelitian pada bagaimana keberagamaan petani dalam kehidupan sehari – hari. Petani merupakan orang yang berprofesi sebagai tani. Dalam kesehariannya mereka bekerja mengurusi lahan pertanian. Pekerjaan menggarap pertanian menjadi pekerjaan pokok mereka. Masyarakat petani cenderung kekurangan karena hasil pertaniannya hanya cukup untuk makan pribadi bahkan kurang. Keberagamaan adalah aktifitas keseharian yang berkaitan dengan agama dan kepercayaan.

  Metode dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif kualitatif, yang mana penulis membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, factual dan juga akurat dengan kata – kata yang beraitan dengan fenomene yang diselidiki. Yang mana data didapatkan dengan tekhnik pengumpulan data hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Dan kemudian hasil tersebut di analisis dalam bentuk uraian deskriptif

  Hasil penelitian bahwa masyarakat petani dalam keberagamaan mereka lebih fokus kepada hal-hal tentang akhlak bersosial atau bermasyarakat. Sedangkan untuk menjalankan ibadah kepada Allah dalam keseharian masih kurang. Mereka malas dalam melaksanakan ibadah secara rutin berdasarkan kesadaran dan tanggung jawabnya sebagai seorang hamba. Masyarakat petani masih sering mengutamakan untuk fakus dalam pekerjaannya tanpa menyeimbangkan dengan memintanya kepada Allah SWT. Namun bagi mereka yang memiliki pendidikan pondok pesantren ada kesadaran untuk menjalankan ibadah secara rutin dalam keseharian mereka. Sehingga faktor pendidikan agama yang lebih di pondok pesantern menjadikan seorang memiliki aktifitas keberagamaan yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mendapatkan pendidikan agama di pondok pesantren.

Published

2020-11-17

Issue

Section

Artikel