Dampak Intensitas Game Online terhadap Remaja Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.30651/ah.v8i1.12276Keywords:
intensitas game online, Remaja, dan ReligiusitasAbstract
Semakin berkembangnya dunia tekhnologi terutama dibidang Internet sehingga perusahaan – perusahaan seperti game online juga semakin gencar untuk membuat game online. Target utama mereka adalah remaja/pemuda dan pada akhirnya membuat para pemuda menjadi kecanduan dalam bermain game online dan pada akhirnya game online memberikan dampak pada religiusitas remaja. Permainan ini yang sangat diminati olehpara remaja setiap hari mereka menghabiskan waktu bersama smartphone-nya tanpa mengetahui dampak yang akan mereka dapatkan sehingga membuat resah para orang tuanya bahkan dengan adanya game online ini para remaja ada yang sampai nekat mencuri, berbohong serta membentak-bentak orang tuanya bilamana orang tuanya tidak memberikan uang untuk membeli paket data/ kuota.Para remaja yang sudah kecanduan game online kini rasa sosial dan sikap keagamaannya sudah semakin berkurang, bahkan mereka sudah tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. Maka di lakukannya penelitian ini dengan bertujuan untuk mengetahui intensitas game online pada remaja desa pohsangit lor kec.wonomerto serta dampak Intensitas game online pada religiusitas remaja desa pohsangit lor kec.wonomerto kab.probolinggo. Metode Kajian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis field research dengan pengumpulan data melalui pengamatan(observasi), wawancara, dan dokumentasi.Dengan demikian, kesimpulan yang didapat adalah bermain game online membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menaikkan level serta untuk memenangkan gane tersebut, sehingga hal ini juga membawa dampak pada religiusitas remaja desa pohsangit lor kecamatan wonomerto kabupaten probolinggo seperti halnya mereka mulai meninggalkan shalat 5 waktu ,kurangnya disiplin ,malas, berani berbohong kepada orang, membentak – bentak orang tuanya.References
Ali, Z. (2019). PENGARUH DARI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 2 SALATIGA. X(1), 122–133.
Alif Harsan. (2015). Alif Harsan.
ARISdirgayunita. (2020). Pendidikan keluarga sakinah dalam perspektif hokum islam dan psikologi (pp. 163–174).
CIK’Na’imah. (2017). cik na’imah (pp. 726–732).
DH.muhammad. (2018). makna pluralisme pendidikan disekolah (pp. 133–143).
Fuad, A. (2015). Implementasi pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasibelajar siswa di smp muhammadiyah 1 kota probolinggo. (pp. 939–948).
Hidayah, U. (2018a). REKONSTRUKSI EVALUASI PENDIDIKAN MORAL. 05(01), 69–81.
Hidayah, U. (2018b). Rekonstruksi Evaluasi Pendidikan Moral Menuju Harmoni Sosial. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.
HR.Bukhari & muslim. (n.d.).
IZZA, F. K. (2019). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA MODOPURO MOJOSARI Skripsi : PROGRAM STUDI AGAMA-AGAMA. -, 89.
Kasak, E. (2013). Islam, Agama-Agama dan Nilai Kemanusian (p. 261).
Khosiyah, N. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam pembentukan kepribadian anak yang islami di roudlotul atfal.
Nashori, F. dan R. D. M. (2012).
Piliang.Y.A, O. cit. (2015). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Penyusun Nama : Ananda Erfan Musthafa NI. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Penyusun Nama : Ananda Erfan Musthafa NIM, 1–13.
Piliang.Y.A, O. cit. (2018). Dampak Game online.
Prasetiya, B. (2019). TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN DI INDONESIA. XIX(2), 99–111.
Purnamasari, I., Setiani, E. D., Nurliawati, E., & Ramadhan, G. (2019). Analisis Dampak Game Online Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) Pada Mahasiswa / i Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta. 2, 1–9.
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends : Bang Bang terhadap Mahasiswa Impact of Online Mobile Legends Game : Bang Bang for Students. 7(1), 6–12.
RI, K. (2018). AL-Qur’AN.
Ridho, S. (2018). GAME ONLINE DAN RELIGIUSITAS REMAJA ( Studi di Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara ) SKRIPSI Oleh : SEPRI RIDHO NPM : 1431090117 Program Studi : SOSIOLOGI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1440 H / 2018 M. 1–94.
Slamet Rianto. (2012). Dampak game online bagi perilaku siswa sekolah dasar di kelurahan gunung pangilun kecamatan padang utara kota padang jurnal.
Susandi, A. (2019). Pengajaran guru pendidikan dasar diera milenial dalam membentuk moral siswa.
Ulfa, M. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan Hr.subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–13. https://www.neliti.com/id/publications/119938/pengaruh-kecanduan-game-online-terhadap-perilaku-remaja-di-mabes-game-center-jal
Yang, D. (2005). A Study of the Effect of Social Influence on the College S tudent ’ s Attitude and Behavior for Playing Online Games. 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Hikmah journal and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Al-Hikmah journal and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Al-Hikmah Jurnal And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author’s institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.