Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Rumah Susun Kota Banda Aceh Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index

Aldina Fatimah (1), Revira Avantika Sepriana (2), Agustiar Agustiar (3)
(1) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Ace, 23123 Indonesia, Indonesia,
(2) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Ace, 23123 Indonesia, Indonesia,
(3) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Ace, 23123 Indonesia, Indonesia

Abstrak

Rumah susun sederhana sewa merupakan solusi hunian vertikal yang disediakan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, guna mengatasi keterbatasan lahan di perkotaan dan menyediakan hunian yang layak. Penelitian ini dilakukan di Rusunawa Keudah, Kota Banda Aceh, yang dibangun pada tahun 2010 di lahan ±2 hektar, terdiri dari lima lantai. Blok A–D memiliki 98 unit tipe 24, sedangkan blok E memiliki 70 unit tipe 36, dan saat ini dihuni oleh 379 kepala keluarga. Rumuusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan penghuni rusunawa keudah dan berapa besar persentase kepuasan dari masyarakat terhadapa rusunawa menggunakan metode customer satisfaction index.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penghuni serta mengukur tingkat kepuasan mereka menggunakan metode Customer Satisfaction Index. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 80 responden, terdiri dari masyarakat penghuni rumah susun di kota Banda Aceh. Variabel yang dianalisis meliputi kualitas bangunan, fasilitas pendukung, lingkungan sosial, pengelolaan dan pelayanan, serta aksesibilitas dan lokasi. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata tingkat kepentingan r-hitung 0,694 > 0,0896 dan tingkat kepuasan 0,575 > 0,0896 dan nilai Sig hitung rata-rata 0,001 < 0,05 maka dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas tingkat kepentingan diperoleh Cronbach Alpha sebesar 0,922 > 0,6, dan tingkat kepuasan diperoleh sebesar 0,857 > 0,6,  maka jawaban responden sudah reliabel. Presentase hasil deskriptif paling penting ditemukan pada variabel X1 sebesar 4,26% , dan paling puas terdapat pada variabel X5 sebesar 4,11%. Hasil perhitungan CSI sebesar 78,24%, yang tergolong dalam kategori Puas. Ini menunjukkan bahwa secara umum penghuni merasa puas terhadap fasilitas dan pelayanan yang disediakan, namun terdapat kesenjangan signifikan pada aspek Kualitas Bangunan (X1) yang paling penting, di mana tingkat kepuasan (terendah) masih jauh di bawah harapan. Oleh karena itu, perbaikan struktural dan pemeliharaan rutin pada aspek fisik bangunan sangat diperlukan untuk meningkatkan kepuasan secara keseluruhan

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adikusuma, C. W., Ratnaningsih, A., dan Soetjipto, J. W. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Pengguna Terhadap Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung. 4(2), 42–46.

Amin, M., dan Nashruddin, S. Z. (2015). Hospital service quality and its effects on patient satisfaction and behavioral intention.

Aritonang, L. R. (2005). Kepuasan pelanggan : pengukuran dan penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Azwar S. (2020). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell. J. W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson.

Darsono, Y., Wargadinata, B., dan Mulyati, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengelola Terhadap Kepuasan Penghuni Rusunawa Di Rusunawa Cigugur Kota Cimahi. 5, 321–328.

Hadi, D. (2019). Analisis Pasca Hunian pada Bangunan Rusunawa. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/352676131_Analisis_Pasca_Hunian_Pada_Bangunan_Rusunawa

Lumingkewas, C. S. (2017). Analisis yuridis pemaknaan konsep dalam pasal 16 undang-undang rumah susun bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 2, 421–441.

Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Martono, N. (2015). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Teknik Sampling yang Tepat dalam Penelitian.

Nguyen, B., dan Simkin, L. (2015). The dark side of digital personalization: An agenda for research and practice.

Parengkuan, C. D., Katiandagho, T. M., dan Tangkere, E. G. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen dan Kinerja Warkop Kemang Manado.

Pratiwi, A. D., dan Harmadi, S. H. B. (2020). Analisis Faktor Kinerja Peserta Magang melalui aspek Motivasi dan Fasilitas: Studi Kasus di PT United Tractors Tbk.

Rahmawati, N. A., Hardiana, A., dan Rahayu, P. (2017). Pemilihan Lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa: Studi Kasus Rusunawa Putri Cempo, Surakarta.

Sari, A., dan Nurhayati, S. (2018). Identitas Sosial Warga Huni Rusunawa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Taherdoost. H. (2017). Validity and Reliability of the Research Instrument. SSRN Electronic Journal.

Umar, H. (2016). Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta.

UU RI, N. 20. (2011). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234.

Yuliana, N. M. S. P., dan Lubis, E. F. (2021). Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) Oleh Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Pekanbaru.

Penulis

Aldina Fatimah
aldina.fatimah@unmuha.ac.id (Kontak utama)
Revira Avantika Sepriana
Agustiar Agustiar
Fatimah, A., Avantika Sepriana, R., & Agustiar, A. (2025). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Rumah Susun Kota Banda Aceh Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index. AGREGAT, 10(2), 1458–1463. https://doi.org/10.30651/ag.v10i2.29300

Rincian Artikel

No Related Submission Found