Analisis Keterkaitan Nilai Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Terhadap Tingkat Kerusakan Perkerasan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Bajuin
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai California Bearing Ratio (CBR) hasil uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dengan tingkat kerusakan perkerasan jalan yang dinilai menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Lokasi penelitian berada di ruas Jalan Bajuin sepanjang 900 meter dengan 18 titik pengujian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai CBR berkisar antara 5,9 hingga 37,7, sedangkan nilai PCI menggambarkan kondisi perkerasan yang bervariasi dari gagal hingga baik. Analisis korelasi antara nilai CBR dan PCI menghasilkan koefisien sebesar -0,23202 yang tergolong sangat lemah dan tidak signifikan karena lebih kecil dari nilai r tabel (0,468). Temuan ini mengindikasikan bahwa kondisi tanah dasar yang direpresentasikan oleh nilai DCP bukan merupakan faktor penyebab utama kerusakan jalan pada ruas tersebut. Faktor lain seperti beban lalu lintas yang tinggi dan kondisi struktur perkerasan yang kurang optimal memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap tingkat kerusakan yang terjadi
Artikel teks lengkap
Referensi
Ahmed, A., El-Emam, M., Ahmad, N., & Attom, M. (2024). Stabilization Of Pavement Subgrade Clay Soil Using Sugarcane Ash And Lime. Geosciences (Switzerland), 14(6). Https://Doi.Org/10.3390/Geosciences14060151
Alam Sur, W. A., Dewi, N., & Adriana, M. (2024). Kajian Statistik Kontribusi Beban Lalu Lintas, Drainase Jalan, Dan Kondisi Tanah Dasar Terhadap Kerusakan Jalan Di Kabupaten Tanah Laut. Buletin Profesi Insinyur, 7(1), 7–12. Https://Doi.Org/10.20527/Bpi.V7i1.239
Daud, D. D. A. A., Tuati, A. A., & Hayer, Y. V. (2024). Analisis Kelayakan Tanah Dasar Sebagai Subgrade Jalan Ditinjau Dari Kualitas Daya Dukung Tanah (Studi Kasus Ruas Jalan Anggrek Kota Kupang). Media Ilmiah Teknik Sipil, 12(1), 101–106.
Garcia, K. E., Cruz, O. G. D., Muhi, M. M., & Tabaroei, A. (2024). The Role Of Dynamic Cone Penetrometer Testing In Assessing Pavement Subgrade Strength: A Literature Review. International Journal Of Geomate, 26(117), 132–142. Https://Doi.Org/10.21660/2024.117.G13440
Jajac, N., & Bošnjak, A. (2023). Sustainable Approach To Nonurban Road Network Maintenance Management: Herzegovina-Neretva County, B&H Case Study. Applied Sciences (Switzerland), 13(4), 1–18. Https://Doi.Org/10.3390/App13042679
Saputra, A. A., & Widayanti, A. (2023). Analisis Kerusakan Dan Penentuan Perbaikan Jalan Menggunakan Software Pada Jalan Provinsi Link. 162 Di Kabupaten Mojokerto. Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi, 2(3), 267–280.
Simanggunsong, Y. F., & Mulyanti, E. (2025). Rehabilitas Jalan Di M.Isa Palembang. Ensiklopedia Research And Community Service Review, 4, 97–104.
Taufik, A., Kosasih, A., Farhan, O., & Lestira Hariani, M. (2025). Road Damage Analysis On Inter-City Roads Using Pavement Condition Index (Pci) Approach In West Java Indonesia. Injurity: Interdiciplinary Journal And Humanity, 4(7), 534–548.
Utomo, J., Hatmoko, D., Setiadji, H., & Wibowo, M. A. (2019). Investigating Causal Factors Of Road Damage: A Case Study. Matec Web Of Conferences, 258. Https://Doi.Org/10.1051/Matecconf/20192
Wayan, I., Putra Wijaya, A., & Wirahaji, I. B. (2023). Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus : Ruas Jalan Kutapang-Maos Di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung). In Jurnal Widya Teknik (Vol. 19, Issue 1).
Zafar, M. S., Shah, S. N. R., Memon, M. J., Rind, T. A., & Soomro, M. A. (2019). Condition Survey For Evaluation Of Pavement Condition Index Of A Highway. Civil Engineering Journal (Iran), 5(6), 1367–1383. Https://Doi.Org/10.28991/Cej-2019-03091338
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Norminawati Dewi, Muhammad Azhar, Marlia Adriana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of articles published by this journal is governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on CC BY 4.0