Optimalisasi Durasi Lampu Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Rajawali-Tingang Menggunakan PKJI 2023
Abstract
Simpang bersinyal Jalan Rajawali dan Jalan Tingang merupakan salah satu simpang bersinyal yang ada di Kota Palangka Raya. Persimpangan ini memiliki waktu hijau yang pendek sehingga jika ditinjau dari sisi efektifitas kerja lampu lalu lintas terhadap efisiensi kerja dan kemampuan pengguna jalan, hal ini dapat menimbulkan konflik seperti kemacetan pada jam sibuk yang ditandai dengan penumpukan kendaraan di persimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengaturan waktu lampu lalu lintas untuk mendapatkan nilai tundaan yang lebih kecil dengan menggunakan metode PKJI 2023. Survei volume lalu lintas persimpangan dilakukan selama 3 hari pada jam sibuk setiap 15 menit selama 1 jam. Data hasil survei lapangan meliputi volume lalu lintas, geometrik jalan, dan waktu sinyal lalu lintas. Analisis perhitungan simpang pada kondisi eksisting didapatkan nilai tundaan rata-rata tertinggi sebesar 172,8 detik pada pendekat utara dengan kategori tingkat pelayanan F. Perhitungan alternatif perbaikan simpang bersinyal Jalan Rajawali-Tingang dengan desain ulang waktu siklus yang baru dengan menggunakan perhitungan PKJI 2023 didapatkan nilai waktu siklus sebesar 123 detik. Hasil analisis menunjukkan bahwa tundaan rata-rata pada lengan utara sebesar 64,6 detik, timur sebesar 68,9 detik, selatan sebesar 79,4 detik, dan barat sebesar 84,1 detik dengan tingkat pelayanan D pada semua pendekat. Hasil alternatifnya adalah kinerja simpang rata-rata meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan kondisi eksisting
Full text article
References
Andika, R. (2022). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Untuk Meningkatkan Keselamatan Dengan Pengaturan Ulang Waktu Siklus Apill Di Simpang Empat Maya Kota Tegal. Jurnal Universal Technic, 1(2), 84–95.
https://doi.org/10.58192/unitech.v1i2.413
Andryani, F., et al. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Solusi Alternatif Menggunakan Vissim Pada Simpang Tiga Pakem, Kabupaten Jember. Jurnal Smart Teknologi, 4(1), 126–138. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST
Artiani, G. P., & Azhiary, R. (2019). Upaya Perbaikan Kinerja Simpang Empat Bersinyal Pada Jalan Duren Tiga Selatan Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Prosiding Semnastek, 1–13. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/5154%0A
Basalamah, A., et al. (2020). Analisa Kinerja Simpang Jalan Rajawali Jalan Merak Jalan Rajawali Jalan Kasuari Dikelurahan Sei Sikambing B. Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan. Buletin Utama Teknik, 15(2), 196–201. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/download/2327/1567
Dephub. 2009. Undang - Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
Elkhasnet, E., & Gunawan, M. B. (2019). Kinerja Persimpangan dengan dan Tanpa Lampu Lalu Lintas pada Jalan Sangkuriang-Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi. (Hal. 10-19). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 5(3), 10–19. https://doi.org/10.26760/rekaracana.v5i3.10
Hutahaean, Y. G., & Susilo, B. H. (2021). Evaluasi Simpang Bersinyal Taman Sari – Cikapayang Kota Bandung Dengan Analisis VisSim. Jurnal Teknik Sipil,17(1),70–87. https://doi.org/10.28932/jts.v17i1.2863
Ibrahim, M. R., et al. (2022). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Software Vissim Pada Perpotongan Jalan Prof. Dr. H.B Jassin Dan Jalan Jenderal Sudirman. Composite, 2(1), 37–46. https://ejurnal.ung.ac.id/composite/issue/archive
Indrian, A. S., et al. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode Pkji 2014 Dan Software Vissim 11 Pada Simpang W.R.Supratman Kota Malang. Student Journal Gelagar, 4(2), 236–246.
Authors
Copyright (c) 2024 Putri Puspita Indriani, Nirwana Puspasari, Reza Zulfikar Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of articles published by this journal is governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on CC BY 4.0