Optimasi Pemanfaatan Air Laut Pada Konstruksi Beton Sebagai Efisiensi Penggunaan Air Tawar

Herlina Arifin (1), Muhammad Nur Fajar (2), Syafilla Aning Saba (3)
(1) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong , Indonesia,
(2) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong , Indonesia,
(3) Teknik Sipil, Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong , Indonesia

Abstract

Berbagai infrastruktur kini dalam lingkungan masyarakat luas sebagian besar berasal dari konstruksi beton. Tidak dapat dipungkiri bahwa konstruksi beton merupakan pilihan yang paling laris dalam banyak pembangunan, disebabkan oleh kemampuan dalam bertahan lama dan tingkat efisien dari berbagai faktor. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan air tawar bersih pada setiap kontruksi beton serta kemudahan akses untuk wilayah pesisir yang sulit akan air tawar bersih maka perlu dipertimbangkan penggunaan air laut sebagai campuran konstruksi beton dengan melihat kualifikasi kuat teken beton. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu bahwa penggunaan air laut mengakibatkan penurunan kuat tekan pada beton sehingga ditambahkan bahan tambah berupa superplasticizer sebagai upaya peningkatan kuat tekan beton. Metode pada penelitian ini menggunakan metode eksperimental pada laboratorium dengan melakukan uji kuat tekan beton variasi beton normal (control), beton air laut, beton air laut + SP 0,5%, baton air laut + SP 0,75%, beton air laut + SP 1%, dan beton air laut + SP 1,25% dengan perendaman selama 28 hari. Hasil menunjukkan bahwa untuk perbandingan dengan beton normal maka beton variasi beton air laut + SP 1,25% merupakan beton dengan variasi yang paling terbaik berdasarkan hasil uji kuat tekan beton.

References

Read More

Authors

Herlina Arifin
herlinaafn22@gmail.com (Primary Contact)
Muhammad Nur Fajar
Syafilla Aning Saba
Arifin, H., Muhammad Nur Fajar, & Syafilla Aning Saba. (2024). Optimasi Pemanfaatan Air Laut Pada Konstruksi Beton Sebagai Efisiensi Penggunaan Air Tawar . AGREGAT, 9(2), 1132–1136. https://doi.org/10.30651/ag.v9i2.24254

Article Details

No Related Submission Found