ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT AKTIFITAS PADA KAWASAN PASAR TURI BARU SURABAYA
Abstrak
Terjadinya penambahan volume lalu lintas jalan telah mengakibatkan kemacetan lalu lintas pada ruas kawasan Pasar Turi Baru Surabaya. Kemacetan pada ruas jalan ini diakibatkan oleh keluar masuk aktifitas pengunjung pada Pasar Turi Baru Surabaya. Pada penelitian ini mengenai analisis dampak lalu lintas dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang, hambatan samping, tingkat pelayanan pada kawasan Pasar Turi Baru Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode peritungan yang berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014 tentang Simpang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Penelitian ini dilakukan selama satu minggu pada jam-jam sibuk. Dari hasil perhitungan kinerja lalu lintas, didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) Jalan Dupak Raya sebesar 0,91, Jalan Pasar Turi sebesar 0,93, Jalan Tembaan sebesar 0,89, Jalan Semarang sebesar 0,91. Sedangkan untuk derajat kejenuhan (DJ) simpang dengan APILL pada kondisi eksisting Jalan Dupak Raya sebesar 0,93 dan tundaan rata-rata (T) = 36,96 detik/skr, Jalan Pasar Turi sebesar 0,92 dan tundaan rata-rata (T) = 49,76 detik/skr, Jalan Tembaan sebesar 0,89 dan tundaan rata-rata (T) = 40,34 detik/skr, Jalan Semarang sebesar 0,93 dan tundaan rata-rata (T) = 49,02 detik/skr. Dari kinerja lalu lintas dan simpang dapat disimpulkan nilai derajat kejenuhan (DJ) tertinggi 0,93 dengan tingkat pelayanan (LOS) E, karena pada kawasan tersebut tergolong ramai dan pusat aktifitas pasar dan padatnya arus lalu lintas.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arrafi, F. (2017). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kantor Telekomunikasi Tbk. Surabaya. Direktorat, J. B. M. (1997).
Departemen Pekerjaan Umum, “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia,” Pp. 1–573.
Fatnim, Dewi Permini Sabrina. "Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Puncak Dharmahusada Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya", Surabaya
Feri, P. (2016). "Kewenangan Dalam Penerapan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin)". 4, 207–218.
Infrastruktur, P. D. A. N. (2015). "Konsep Dasar Analisis Dampak Lalu Lintas Rencana Bangunan Pusat Kegiatan" ,. 135–144.
Kusuma, V. C., Hadiwidjaja, M., Shofwan, M., & Cahyono, D. (2018). A"nalisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon". 1–6.
Munawar, A., Sistem, M., & Teknik, J. (2009). "Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan : Studi Kasus Plaza Ambarukmo". 1(1), 27–37.
Oki Indra Prastana, Sonya Sulistyono, S. A. (2017). "Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Spbu Tanjungwangi Banyuwangi". 01, 62–72.
Permenhub. (2015). Peraturan Menteri 75 Tahun 2015 Tentang Penyelenggara Andalalin (Pp. 1–166). Pp. 1–166.
Ridwan, A., & Teknik, F. (2019). "Gedung Olah Raga Kabupaten Trenggalek". 2(2), 203–213.
Safitri, R. (2015). "Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Hartono Lifestyle Mall".
Setiyaji, Bagus, 2016. "Analisis Dampak Lalu Lintas Terhadap Kinerja Simpang Akibat Pembangunan Apartemen Gunawangsa Merr Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya", Surabaya
Sinaga, R. A. . (2016). Bab I Pendahuluan. 1–5. 50 Suwandi, J. (2017). "Dampak Lalu Lintas Pembangunan Apartemen Di Jakarta Selatan". 2(2), 123–132.
Tamin, O. Z. (2000). "Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Tegal", P. K. (2017). Kajian Lokasi Sport Center Kota Tegal.
Tengah, K., Haris, A., Syahidan, J., Maulana, R., Riyanto, B., & Basuki, K. H. (2016). "Analisis Kinerja Ruas-Ruas Jalan Lingkungan Dengan Model Pembebanan Lalu Lintas Menggunakan Emme 3 . 4 . 1 ( Studi Kasus : Kabupaten Sukamara ",. 5, 1–17.
Umum, P. (2014). Kapasitas Jalan Perkotaan. Rancangan (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia), 1–70.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Yunita Tri Hapsari, Ibnu Sholichin, Fithri Estikhamah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of articles published by this journal is governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on CC BY 4.0