Alternatif Perkuatan Tanah Timbunan Dengan Anyaman Sabut Kelapa (Cocos nucifera L.)

Muhammad Afief Ma'ruf (1)
(1) Lambung Mangkurat University, Indonesia

Abstract

Jaringan jalan umumnya dibangun diatas tanah dasar yang dibentuk dari tanah timbunan biasa. Masalah yang seringkali dihadapi adalah daya dukung tanah dan kuat geser tanah yang tidak mencukupi. Salah satu alternatif penyelesaian masalah ini adalah memberikan perkuatan dengan geotextile atau material lainnya. Selama ini telah banyak penelitian yang mencoba menggantikan geotextile dengan material lain contohnya menggunakan anyaman kulit bambu ataupun kulit purun. Material alternatif yang dipilih dalam penelitian ini adalah anyaman dari sabut kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah lapis perkuatan sabut kelapa terhadap daya dukung tanah pada tanah timbunan. Pengujian pembebanan dilakukan dalam skala laboratorium dengan memberikan perkuatan sabut kelapa dalam beberapa variasi dalam tanah timbunan. Data yang diperoleh adalah kurva hubungan antara beban dan penurunan untuk memperoleh variasi yang memberikan hasil perkuatan maksimum. Dari hasil analisa diperoleh hasil bahwa penggunaan lapis sabut kelapa memberikan pengaruh terhadap nilai daya dukung tanah dalam kondisi ultimit. Variasi jumlah lapis sabut memberikan peningkatan terhadap nilai daya dukung batas tanah, dimana konfigurasi yang menghasilkan daya dukung paling tinggi pada penelitian kali ini adalah 3 lapis perkuatan. Peningkatan nilai daya dukung ultimit tanah kondisi dengan 3 perkuatan anyaman sabut kelapa dibandingkan kondisi tanpa perkuatan adalah sebesar 296,974%. Dari keseluruhan uji pembebanan dapat diketahui bahwa seiring bertambahnya jumlah lapis sabut kelapa, maka daya dukung tanah akan terus bertambah.

Full text article

Generated from XML file

References

Bureau of Recalamation. 1984. ''The Revised ASTM Standard on the. Unified son Classification System". Geotechnical Testing Journal. GTJODJ. Vol. 7. No.4. Dec. 1984. pp. 216-222.

Hilmanto, R. 2009. Etnoekologi. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 4-53.

Ma’ruf, Muhammad Afief. 2014. “Pengaruh Perkuatan Anyaman Bambu dengan Variasi Jarak Dasar Pondasi ke Lapis Anyaman dan Lebar Anyaman Terhadap Daya Dukung Pondasi Menerus Pada Tanah Pasir Poorly Gradedâ€. Info-Teknik Vol. 15 (2) 2014.

Ma’ruf, M. A., Rusliansyah, Muhammad Rifaldi, Anjas Karunia Ladika. 2022. “Improvement of Soil Shear Strength with Purun (Lepironia Articulata Domin) Woven Reinforcementâ€. International Journal of Research in Civil Engineering, Architecture and Design (IJRCEAD). 6(1), 2022, pp. 1-7.

Authors

Muhammad Afief Ma'ruf
afief.maruf@ulm.ac.id (Primary Contact)
Author Biography

Muhammad Afief Ma'ruf, Lambung Mangkurat University

Dosen pada Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
Ma’ruf, M. A. (2023). Alternatif Perkuatan Tanah Timbunan Dengan Anyaman Sabut Kelapa (Cocos nucifera L.). AGREGAT, 8(2), 872–877. https://doi.org/10.30651/ag.v8i2.19886

Article Details