Analisis Pengawasan Ketertiban Lalu Lintas Pada Daerah Rawan Kemacetan dan Kecelakaan di Kabupaten Gresik

R Endro Wibisono (1), Fitroh Maulana Rizki (2)
(1) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Indonesia,
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat kemacetan dan kecelakaan yang cukup tinggi sehingga perlu adanya analisis mengenai langkah kerja hingga penilaian pengawasan ketertiban lalu lintas. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui survei pengamatan, wawancara dan studi pustaka serta pengolahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah kerja, pelaksanaan, permasalahan dan solusi pengawasan dan penilaian pengawasan pada daerah rawan kemacetan dan kecelakaan di Kabupaten Gresik. hasil pengamatan adalah Langkah kerja dan K3 yang menjadi pedoman oleh petugas pengawasan. Dalam pelaksanaan pengawasan terdapat beberapa data yang perlu diperoleh, diantaranya data lingkungan, data lalu lintas, data geometri, dll. Dalam perhitungan Kinerja ruas jalan perkotaan dengan menggambil salah satu lokasi dan diperoleh nilai derajat kejenuhan 0.43, kecepatan kendaraan ringan rata-rata dan indeks tingkat pelayanan jalan adalah B yaitu lalu lintas masih stabil. Namun, untuk peramalan untuk 5 tahun mendatang diperoleh nilai derajat kejenuhan 3.49, kecepatan rata – rata kendaraan dan indeks tingkat pelayanan adalah F yaitu kondisi lalu lintas buruk. Permasalahan kerap kali muncul namun, akan diselesaikan dengan solusi yang berdasar pada hasil diskusi. Kriteria penilaian pelaksanaan pengawasan terdiri atas penilaian ketepatan, kedisiplinan, Kesesuaian Petugas dalam melaksanakan tugas pengawasan ketertiban lalu lintas dan keakuratan.

Full text article

Generated from XML file

References

Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina Marga Indonesia Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Afga, H., Santoso, R., & Muryanto, D. (2018). “Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Gudang Workshop Peti Kemas Terhadap Kinerja Ruas Jl. Syafii Kabupaten Gresik.†GeSTRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 1(01), 38-44.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik. (2022). Kabupaten Gresik Dalam Angka 2022. Kabupaten Gresik.

Boediningsih, W. (2011). Dampak Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Polusi Udara Kota Surabaya. Jurnal 20, 122-132.

Clarkson, H. O., & Hicks. R. G. (1988). Teknik Jalan Raya. Jakarta: Erlangga.

Cahyono, M. S. D., Muhtadi, A., & Wibisono, R. E., (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo – Jl. Mayjen Sungkono Terkait Pembangunan Underpass GKB Gresik. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 4(01), 35-40.

Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik. 2021. Survei Perhitungan Lalu Lintas Harian Rata-rata Wilayah Kota Kabupaten Gresik Tahun 2021. Kabupaten Gresik.

Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik. 2021. SOP Pengendalian dan Operasional Gresik Tahun 2021. Kabupaten Gresik.

Delviama, A. (2017). Analisis Fungsi Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru dalam Pengawasan Pelanggaran Aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Pelanggaran Aturan Lalu Lintas Oleh Armada Taksi di Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dasopang, F. H. (2017). Analisis Kinerja Bundaran Menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (Studi Kasus : Bundaran SAMSAT Kota Yogyakarta). Skripsi (Sarjana) thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. (2020).Pengendalian Disiplin Pengoperasian Angkutan di Jalan Raya. Kabupaten Lima Puluh Kota

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kulon Progo. (2019). SOP Pemantaun, Penertiban, dan Pengamanan Lalu Lintas. Kabupaten Kulon Progo.

Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Kuala. (2019). SOP Pengawasan, Pembinaan, dan Penertiban Kendaraan Bermotor di jalan/Razia. Kabupaten Barito Kuala.

Fairus. (2020). Analisis Pengendalian Internal atas Sistem dan Prosedur Penggajian dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja pada PT. Pancaran Samudra Transport, Jakarta. Skripsi thesis, 31-38.

Kurniawan, F. A. (2011). Analisis Kecelakaan Tikungan Jalan Yogyakarta – Semarang Di Dusun KedungBlondo, Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Laporan Tugas Akhir, 7-26.

Muhtadi, A., Cahyono, M. S. D. (2020). “Evaluasi Kinerja Simpang GKB Kebomas Terkait Pembangunan Underpass Gresikâ€. NAROTAMA Jurnal Teknik Sipil, 4(02), 31-40.

Nasution, R. P. (2018). Peran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru dalam Pengawasan Izin Trayek Angkutan Kota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Authors

R Endro Wibisono
endrowibisono@unesa.ac.id (Primary Contact)
Fitroh Maulana Rizki
Wibisono, R. E., & Rizki, F. M. (2023). Analisis Pengawasan Ketertiban Lalu Lintas Pada Daerah Rawan Kemacetan dan Kecelakaan di Kabupaten Gresik. AGREGAT, 8(1). https://doi.org/10.30651/ag.v8i1.17440

Article Details