Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI Untuk Mengevaluasi Kondisi Jalan Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Abstract
A good road will heed the comfort and safety factors, such as its pavement conditions. Cangkring Road is an area where factories are operating and is close to the toll entrances and exits, therefore this causes this road to be frequently traverse by heavy vehicles. Cangkring road appears to have some pavement damage such as potholes, bleeding, depression, cracks, and various other types of damage. Damage to roads needs to be taken seriously and one way to maintain the quality of road services is to evaluate the condition of the road surface. The stage in revaluing road conditions is to conduct an assessment of the existing road conditions. This study aims to determine the condition of the road surface by making visual observations on Cangkring Road. The method applied is the Pavement Condition Index (PCI) method. This study was conducted to identify the type of damage, to determine the percentage of damage and to determine the index value of the surface condition of the flexible pavement section on Cangkring Road, Krembung Sub-district, Sidoarjo District. From the results of the study, it was found that the Pavement Condition Index (PCI) of Cangkring Road was 18,4, indicating that there's a failure in the pavement condition. The applicable repair for handling this matter is by road reconstruction.
Â
Keywords: Road Damage, Road Pavement Condition, Pavement Condition Index (PCI) Method
Â
Â
Abstrak
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainya. Jalan yang baik akan memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan, salah satunya yaitu kondisi perkerasan jalan. Jalan Raya Cangkring terlihat mengalami beberapa kerusakan perkerasan jalan seperti jalan berlubang, bergelombang, amblas, retak, dan berbagai jenis kerusakan lainnya. Kerusakan pada jalan perlu diperhatikan secara serius, salah satu untuk menjaga kualitas layanan jalan adalah mengevaluasi kondisi permukaan jalan. Tahapan dalam mengevaluasi kondisi jalan adalah dengan melakukan penilaian terhadap kondisi eksisting jalan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi permukaan jalan dengan melakukan pengamatan secara visual di Jalan Raya Cangkring. Metode yang akan digunakan yaitu metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan, mengetahui persentase kerusakan serta mengetahui nilai indeks kondisi permukaan perkerasan lentur ruas di Jalan Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Dari hasil penelitian didapatkan nilai Pavement Condition Index (PCI) Jalan Raya Cangkring yaitu 18,4 menunjukkan bahwa kondisi perkerasan jalan adalah gagal (failed). Penanganan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki jalan tersebut adalah dengan melakukan rekonstruksi jalan.
Â
Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Kondisi Perkerasan Jalan, Metode Pavement Condition Index (PCI)
References
Asphalt Institute (1983) Asphalt Overlays for Highway and Street Rehabilitation. 2nd edn. Kentucky, USA.
Fatikasari, A. D. and Prastyanto, C. A. (2021) ‘Analisis Biaya Kerugian Kemacetan Jalan Akibat Adanya Kerusakan pada Kendaraan Berat di Jalan Arteri Primer (Studi Kasus : Ruas Jalan Surabaya-Mojokerto)’, Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 19(2), p. 107. doi: 10.12962/j2579-891x.v19i2.8499.
Fikri, M. (2016) ‘Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus Ruas Jalan Poros Lamasi-Walenrang Kabupaten Luwu’, PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1(1), p. 19. doi: 10.51557/pt_jiit.v1i1.57.
Fitriana, R. (2014) ‘Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Tol Menggunakan Metode Bina Marga 2002 dan AASHTO 1993 ( Studi Kasus : Ruas Jalan Tol Solo – Kertosono )’, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hariyanto and Kristin, D. (2019) ‘Evaluasi Penilaian Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada Dan Sorogo Kec. Cepu)’, pp. 174–181.
Hidayat, S. R. and Santosa, R. (2018) ‘Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo’, Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 1(2), p. 65. doi: 10.25139/jprs.v1i2.1124.
Khairi, A., Idham, M. and Saleh, H. (2012) ‘Evaluasi Jenis dan Tingkat Kerusakan dengan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus Di Jalan Soekarno Hatta 05+000-10+000)’, Prosiding Seminar Nasional Industri dan Teknologi, 26 Desember 2012, pp. 65–70.
Mubarak, H. (2016) ‘Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta . 11 + 150’, Jurnal Saintis, 16(1), pp. 94–109.
Nurhudayah, Dato, A. K. and Parung, H. (2009) ‘Studi genangan air terhadap kerusakan jalan di kota gorontalo’, Simposium XII FSTPT, (November), pp. 185–200.
Pamungkas, S. B. (2014) ‘Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI)’, Universitas Gajah Mada.
Prastyanto, C. A. and Mochtar, I. B. (2016) ‘The effect of overloaded heavy vehicles on the values of axle load distribution, tire pressure and equivalent axle load (case study: Jenu-Tuban Aterial Road, East Java, Indonesia)’, ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 11(24), pp. 14354–14360.
Shanin, M. Y. (1994) Pavement Management for Airports , Roads , and Parking Lots. Chapmab & Hall, New York.
Sudarno, Falakh, A. N. and Navitasari, N. D. (2018) ‘Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Raya Secang-Magelang Menggunakan Metode Analisa Komponen’, Jurnal Disprotek, 9(2), pp. 97–101.
Sukirman, S. (2010) Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, NOVA. Bandung.
Suryawan, A. and Prastowo, M. (2010) ‘Pekerjaan Tanah dasar dan Drainase Konstruksi Jalan’, Jakarta: PT Mediatama Saptakarya.
Zohri, S., Sutrisno, W. and Priyanto, A. (2019) ‘Analisis Tebal Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo Berdasarkan Metode Bina Marga (Manual Desain Perkerasan 2017) Dan AASHTO (1993)’, RENOVASI: Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), pp. 33–41.
Authors
The use of articles published by this journal is governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on CC BY 4.0