Development of augmented reality-assisted health education posters on Covid-19
Abstract
Full text article
References
Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 2(1), 122–131.
Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i2.9616
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran (ed. 4). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ananda, T. A., Safriadi, N., & Sukamto, A. S. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), 1-6.
Andriani, Y., Suwarni, L., & Arfan, I. (2020). Mini Poster Berbahasa Daerah Sebagai Alternatif Media Promosi Kesehatan Kepatuhan Mencuci Tangan. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 2(1), 9–18.
Azis, A. (2012). Menulis Poster dan Slogan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning): Suatu Alternatif Peningkatan Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 65–74.
Craig, A. B. (2013). Understanding Augmented reality Concepts and Applications. USA: Elsevier.
Hermina, & Prihatini, S. (2016). Pengembangan Media Poster Sebagai Alat Bantu Edukasi Gizi Pada Remaja Terkait Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi). Penelitian Gizi Dan Makanan, 39(1), 15–26.
Ilmawan, M., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Juannita., & Adhi, B. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas 8 SMP Dengan Fitur Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SMPN 7 Depok). PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 1(1), 76-81. https://doi.org/10.21009/pinter.1.1.10
Kamiana, K. A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 165-171. http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United State Of America: John Wiley & Sonc, Inc.
Luthfia, A., & Siswantara, P. (2018). Efektifitas Hand Lettering Sebagai Media Promosi Kesehatan Remaja Mengenai Bahaya Rokok (Studi di SMK PGRI 4 Surabaya). The Indonesian Journal Public Health, 13(1), 25–36. https://doi.org/10.20473/ijph.vl13il.2018.25-36
Prasetiyo, T. K., Setyosari, P., & Sihkabuden. (2017). Pengembangan Media Augmented Reality untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP, 4, 37–46.
Putri, D. P., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Desain Poster Edukasi Ekologi sebagai Upaya Meningkatkan Wawasan Lingkungan Wisatawan Hutan Mangrove Karangsong Kabupaten Indramayu Developing Ecology Educative Poster Design as The Effort to Improve The Insight of Mangrove Forest Tourist Are. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 258–262.
Saputra, H. N., Salim, S., Idhayani, N., & Prasetiyo, T. K. (2020). AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING MEDIA. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 176–184. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12.i2.258
Soepriyanto, Y., Sulthoni., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Electronic Performance Support System Dalam Pembelajaran. Edcomtech, 2, 1–10.
Sumartono, & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi, 15(1), 8–14.
Ulya, Z., Iskandar, A., & Asih, F. T. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal Of Nursing), 12(1), 38–46.
Utama, M. R., Levani, Y., Rumkhullah, E., & Paramita, A. L. (2020). Medical students’ perspectives about distance learning during early COVID 19 pandemic: a qualitative study. Qanun Medika, 4(2), 255–264. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/jqm.v4i2.5000
Utomo, S. S., Sudarnika, E., & Lukman, D. W. (2018). Pengembangan Metode Promosi Kesehatan tentang Rabies untuk Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penyuluhan, 14(2), 234–243.
Wiji, R. N., & Fitri, I. (2020). Strategi Edukasi Gizi dan Efektivitas Media Poster Sebagai Implementasi Keluarga Sadar Gizi (KADARZI). JOMIS (Journal of Midwifery Science), 4(2), 96–106. https://doi.org/https://doi.org/10.36341/jomis.v4i2.1336
Yip, J., Wong, S., Yick, K., Chan, K., & Wong, K. (2019). Improving Quality of Teaching and Learning in Classes by Using Augmented Reality Video. Computers and Education, 128(1), 88-100. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014
Authors
Qanun Medika by FK UM Surabaya is liscence under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.