Pengembangan Materi Ajar BIPA Melalui Budaya Lokal Jawa Timur

Suher Suher, Panji Hermoyo

Sari

Materi ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) baru dikenalkan kepada mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester genap 2015/2016. Buku ajar yang digunakan sebatas buku umum BIPA. Tujuan dari penelitian adanya pengembangan materi ajar dengan pengenalan budaya lokal dan makanan khas Jawa Timur kepada orang asing melalui pembelajaran BIPA. Metode yang digunakan menggunakan penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan bahan ajarnya berupaya menggali berbagai potensi kekayaan budaya dan makanan khas di Jawa Timur. Materi ajar BIPA akan mengajarkan bahasa Indonesia dan pengenalan budaya di Indonesia untuk orang asing/ mahasiswa asing yang belajar di Indonesia, sehingga orang asing yang bekerja di Indonesia tidak hanya memahami bahasa, tetapi juga mengenal dan paham budaya lokal di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Hasil dari buku ajar tentang kebudayaan dan makanan khas Jawa Timur salah satunya ludruk, reog, karapan sapi, lontong balap, rujak cingur  dan tahu campur. Dari prosentase angket yang sudah divalidasi, kurang setuju ada enam butir pernyataan dengan rata-rata tidak lebih dari 10 %. Mahasiswa yang menyatakan setuju antara 32 % sampai 74 %. dan yang sangat setuju  21 % sampai 68 %.Sehingga mahasiswa yang lulus di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya akan mempunyai buku ajar berkualitas sehingga  menjadi guru BIPA yang profesional.

 

Kata kunci: BIPA, Budaya, Materi Ajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Izzak, Arif. 2009. Selayang Pandang BIPA Balai Bahasa Surabaya. Makalah disajikan pada Diskusi BIPA diselengarakan Universitas Muhammadiyah Surabaya, tanggal 9 September 2009.

Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Muliastuti, Liliana. 2016. Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Makalah disajikan pada Konferensi BIPA Ke-1 diselengarakan Universitas Sebelas Maret, tanggal 14 Mei 2016.

Puspitasari, Dhika, dkk. 2016. Pengembangan Buku Ajar Sastra Anak Berbasis Budaya Lokal.Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Madiun.JURNAL LPPM Vol. 4 No. 1 Januari 2016.http://journal.unipma.ac.id/index.php/JP-LPPM/article/download/417/388, diakses 29 Agustus 2017.

Saddhono, Kundharu. 2016. Integrasi Budaya dan Bahasa Daerah dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Makalah disajikan pada Konferensi BIPA Ke-1 diselengarakan Universitas Sebelas Maret, tanggal 14 Mei 2016.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.869

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.