Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri

Fajar Setiawan

Sari

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan setelah kegiatan pembelajaran digunakan media gambar berseri. Subjek penelitian ini adalah iswa kelas IV SDN Randegansari Driyorejo Gresik. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya melalui empat tahapan, yakni (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes, dengan instrumen berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, butir soal tes hasil belajar tentang keterampilan dalam menulis karangan, dan lembar catatan penelitian. Secara empiris, hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media gambar berseri membuat hasil belajar tentang keterampilan dalam menulis karangan yang diperoleh siswa mengalami peningkatan secara klasikal, yakni pada siklus I dengan persentase 76%, meningkat di siklus II menjadi 91%. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan secara berkesinambungan, serta kendala yang ditemui dapat diatasi dengan baik. Dengan begitu, maka dapat ditarik simpulan jika keterampilan siswa dalam menulis karangan siswa ditingkatkan dengan penggunaan media gambar berseri.

 

Kata Kunci: Gambar Berseri, Menulis Karangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Buku:

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa, H.E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UPI.

Jurnal:

Isyani dan Ikhwanuddin. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Slide pada Siswa Kelas III SD Banyuripan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Yogyakarta”. http://ejournal.uny.ac.id Volume 5 Nomor 1 Tahun 2016.

Zulela, M.S. 2014. “Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar”. http://ejournal.upi.ac.id Volume 1 Nomor 1 Tahun 2014.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.867

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.