PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Meyda Mustika Nugraheni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anam Sutopo
  • Djalal Fuadi

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian afektif dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas di tiga SD Negeri Kecamatan Baki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan penilaian afektif pada pembelajaran tematik di SD Negeri kecamatan Baki yaitu guru merumuskan indikator pembelajaran dan PBKB yang memuat komponen-komponen nilai, menentukan aspek yang dinilai, memilih teknik penilaian yang akan digunakan dan mengembangkan instrumen penilaian nilai; 2) Pelaksanaan kegiatan penilaian afektif pada pembelajaran tematik di SD Negeri Kabupaten Baki guru cenderung belum melaksanakan kegiatan penilaian afektif sesuai dengan perencanaan; 3) Pemanfaatan dan tindak lanjut hasil penilaian afektif pada pembelajaran tematik di SD Negeri Kabupaten Baki cenderung dimanfaatkan dan ditindaklanjuti untuk tiga kepentingan yaitu untuk memberikan umpan balik, pelaporan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah guru di SD Negeri Kabupaten Baki telah memanfaatkan hasil penilaian afektif sebagai bahan evaluasi efektivitas pembelajaran. Beberapa hal yang dilakukan terkait hal tersebut seperti penerapan strategi acak jadwal, pengubahan metode pembelajaran daring dan pengambilan tindakan tegas kepada siswa. Oleh karena itu, dapat disarankan untuk melaksanakan penilaian afektif sesuai dengan perencanaan pada setiap mata pelajaran

References

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran Pakem Melalui Permainan Cincin Di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Ainiyah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p868-874

Al-Qahtani, A. A. Y., & Higgins, S. E. (2013). Effects of traditional, blended and e-learning on students’ achievement in higher education. Journal of Computer Assisted Learning. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2012.00490.x

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2014). The Konwledge Dimension. In A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.

Dits Prasanti, D. R. F. (2018). Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas.

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

Haryadi, H., & Retnawati, H. (2014). Perbedaan Proses Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Sd Eks-Rsbi Dan Sdsn Di Diy. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2651

Hidayah, I. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia (Telaah atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, Peraturan Menteri Pendidikan dan …. … Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & ... (2020). … Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) …. Attadib: Journal of ….

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis. In Bandung: Interes Media.

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., & Baki, M. (2013). The effectiveness of online and blended learning: A meta-analysis of the empirical literature. Teachers College Record.

Ni’mah, A. M. U. (2020). Penanaman Sikap Sosial melalui Pembelajaran Tematik Muatan IPS pada Peserta Didik MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295

Penanaman Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. (2020). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Permendiknas No.41. (2007). Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Permendiknas No.41 Tahun 2007.

Pusdiklat. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). In Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Radita, N., Aminah, S., & Kanthi, Y. A. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Diskrit Moda Daring pada Program Studi Teknik Informatika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.1984

Romindo, Muttaqin, Saputra, H. D., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. In Journal of Petrology.

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). Kegunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Sinarbaru.

Sugiyono. (2014). Metode dan Prosedur Penelitian. E-Journal.

Sutrisno. (2015). Penilaian Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 12–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1356

Wening, S. (2012). The nation’s character building through value education. Jurnal Pendidikan Karakter.

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel