PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lathifah Abdiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Subiyantoro Subiyantoro UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951

Abstract

Konstruktivisme merupakan salah satu aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan merupakan hasil konstruksi (bentukan). Pengetahuan merupakan akibat dari suatu konstruksi kognitif dari kenyataan yang terjadi melalui aktivitas seseorang. Berdasarkan pandangan konstruktivistik belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Pembentukan ini harus dilakukan individu yang belajar. Ia harus aktif melakukan kegiatan, aktif berfikir, menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teori kontruktivistik dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan teori belajar konstruktivistik membutuhkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajarnya. Partisipasi aktif sebagai penerapan teori konstruktivistik dapat dilaksanakan dalam pembelajaran secara tematik. Pembelajaran tematik sendiri lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing), sesuai dengan prinsip dasar dari kontruktivisme yang harus dipegang oleh pengajar adalah bahwa siswa lebih baik belajar dengan berbuat (learning by doing) daripada belajar dengan mengamati.

References

Aprilia, Islamiati, Sarah. 2017. Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Melalui Pembelajaran Secara Tematik Integratif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lamijan. 2015. Konstruktivisme dalam Pembelajaran.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 57 tentang Kurikulum SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Malawi, Ibadullah., & Kadarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika.

Mahmudi, Muhammad. 2016. Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran Bf. Skinner). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II.

Schunk, Dale, H. 2012. Leaarning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Professional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel