Analisa Kesalahan Konsep Materi Pecahan pada Mahasiswa Calon Guru SD Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Dina Pratiwi Dwi Santi, Anggita Maharani, Setiyani Setiyani

Sari

Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep pecahan pada mahasiswa dengan menganalisa lebih dalam kesalahan yang mahasiswa lakukan saat mengerjakan beberapa soal cerita dalam bentuk pecahan yang diberikan. Penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif, dengan mengambil subjek penelitian mahasiswa calon guru SD yang sedang menempuh mata kuliah materi matematika lanjut sebanyak 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan merupakan tes uraian pemecahan masalah yang berjumlah lima soal dengan indikator soal yang berbeda-beda. Sedangkan instrumen wawancara digunakan untuk membantu peneliti mengetahui lebih dalam  cara berfikir mahasiswa saat mengerjakan tes. Setelah dilakukan analisa ditemukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal bentuk cerita pada pecahan diantaranya: (1) mahasiswa tidak mampu menotasikan bilangan pecahan saat diberikan gambar, (2) tidak mengetahui makna pecahan, (3) tidak bisa menjumlahkan pecahan campuran dengan penyebut berbeda, (4) tidak bisa melakukan operasi pengurangan pecahan campuran, (5) tidak mampu melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan, dan (6) tidak bisa mengubah bentuk pecahan campuran ke pecahan biasa

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Pecahan, Mahasiswa Calon Guru SD

 

Abstract: This study discusses the concept of fractions to students through error analysis when working on multiple story problems in the form of fractions. This research is descriptive, by taking the research subject of prospective elementary school teacher students who are taking advanced mathematics courses as many as 45 people. The instruments used were tests. The test used is a problem-solving description test which consists of five questions with different question indicators. While the interview instrument is used to help researchers find out more about the way students think when taking tests. After analyzing it was found that the mistakes made by students in solving questions in the form of stories in fractions of them : (1) students are not able to denote fractions when given a picture, (2) don't know the meaning of fractions, (3) cannot add mixed shards with different denominators, (4) cannot do mixed fraction reduction operations, (5) unable to do the division of natural numbers with fractions, and (6) cannot change the form of mixed fractions to ordinary fractions.

 

Keywords: Error Analysis, Fraction, Students of Prospective Teacher of Elementary

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alghazo, Y. M., & Alghazo, R. (2017). Exploring Common Misconceptions and Errors about Fractions among College Students in Saudi Arabia. International Education Studies, 10(4), 133-140.

ASTUTY, K. I. K. I. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3).

Basturk, S. (2016). Primary Student Teachers' Perspectives of the Teaching of Fractions. Acta Didactica Napocensia, 9(1), 35-44.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Pesen, C. (2010). Öğrencilerin kesirlerle ilgili kavram yanılgıları. Eğitim ve Bilim, 32(143).

Ramlah, R., Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. JIPMat, 1(2).

Santi, D. P. D., Setiyani, S., & Anggita, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita berbasis karakter pada materi bilangan pecahan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 194-202.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.4381

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.