Pengembangan Karakter Toleran Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Saintific Approach di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sumenep

Ike Yuli Mestika Dewi

Sari

Abstrak: Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangkan karakter toleran di kalangan siswa sekolah (SD) melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.  Dengan perangkat yang dikembangkan, transformasi nilai karakter toleran dapat dilakukan dengan maksimal dalam rangka membentuk generasi milenial yang dapat memahami substansi toleransi sebagai kekuatan dalam membangun kehidupa yang damai,aman dan menyejukkan, apalagi dengan karaktertistik kebhinnekaan seperti Bangsa Indonesia, membentuk karater toleran itu, menjadi sesuatu yang penting. Dengan pendekatan saintifik, pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi salah satu jalan dalam memperkuat karakter anak didik, sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam  pembangunan bangsa menuju bangsa yang berkarakter.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran karakter toleran pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik (saintific approach), yang menggambarkan tentang validitas (perangkat pembelajaran), kepraktisan (keterlaksanaan pembelajaran), dan keefektifan (aktivitas siswa, respon siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran). Penelitian ini dilaksanakan dengan pengembangan perangkat pembelajaran penelitian terhadap perangkat pembelajaran di SDN di kabupaten Sumenep.Hasil penelitian menunjukkan semua perangkat pembelajaran yang digunakan dapat disimpulkan layak dengan sejumlah indikator telah tercapai, baik keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas, respon dan tes hasil belajar siswa. Bahkan, asil analisis terhadap sikap toleran siswa juga menunjukkan perkembangan yang positif. Rata-rata sisa dengan aspek-aspek karakter toleran yang diberikan, menunjukkan kesadaran dan peningkatan karakter toleran yang dimiliki siswa.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Karakter Toleran, Saintific Approach

 

Abstract: The main purpose of this research was to develop tolerant character among students (Primary School Students) in science class through a scientific approach. Nowadays, it was needed to develop the value of tolerant character among students in order to form a young generation who can apply the substance of tolerance as a powerful character in creating a peaceful situation, comfort feeling, and soothing life, since Indonesian people is a multi-cultural society. Therefore, the use of scientific approach in science class was expected to be one way to strengthen the tolerant character of students, so that they can make a real contribution in nation building towards a nation of character. This study was a research and development study in which develop a tolerant character learning tools in science class by using a scientific approach, which describes the validity (learning devices), practicality (implementation of learning), and effectiveness (student activities, student responses, completeness of student learning outcomes, and obstacles encountered during the learning process). This research was carried out a development of research learning tools on learning devices at primary school in Sumenep regency. The results showed that all learning tools used during the learning process can be concluded as appropriate tool with a number of indicators have been achieved, both the implementation of learning, activities, responses and tests of student learning outcomes. In fact, the results of the analysis of students' tolerant attitudes also showed positive developments. Remaining average with aspects of tolerant character given shows the awareness and improvement of tolerant character possessed by students.

 

Keywords: Development, Tolerant Character, Scientific Approach

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amin, Mawardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta : Baduase Media

Arikunto, Suharsimi. 2002.Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, Ike Yuli Mestika. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Fokus Ipa Dengan Tema “Masyarakat Taneyan Lanjhang” Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Vol 3, No 1, Januari 2017

Gredler, Margaret E. (2011), Learning and Instruction : Teori Aplikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Lickona, Thomas. 2013.Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggungjawab. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Nieveen, Nienke. (1999). “Prototyping to Reach Product Quality”. In collaboration with Interuniversitair Centrum voor Onderwijskundig Onderzoek (lCO) (Ed). Design Approaches And Tools In Education And Training, 125-135. SpringerScience+Business Media, B.V.

Nur, Mohamad. (2003). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Pusat Sain dan Matematika Sekolah).

Peraturan Presiden RI, Nomor 87 Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Suhaidi, Mohammad “Harmoni Masyarakat Satu Desa Tiga Agama di Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura. Jurnal Harmoni, Vol. 13 Tahun 20014.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prestasi Pustaka.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.4380

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.