Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Mataram
  • Ilham Syahrul Jiwandono Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Abstract

Abstrak: Metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran berfungsi untuk membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Tidak semua metode pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran tertentu, misalnya PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah jenis-jenis metode pembelajaran komunikatif yang sesuai dengan mata pelajaran PPKn di sekolah dasar. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mataram. Sumber data dibagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder. Sumber data primer yakni mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan sumber data sekunder yakni hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi melalui kegiatan Group Investigation berbantuan permainan Quizizz. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian yakni pra lapangan, lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode pembelajaran mempunyai manfaat yang banyak dalam proses pembelajarn di kelas, 2) Terdapat berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum menentukan metode pembelajaran. 3) Terdapat berbagai metode pembelajaran yang cocok digunakan di sekolah dasar, khususnya PPKn, yakni example non example, picture and picture, vct, inquiry dan discovery.


Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Group Investigation, Permainan

 

Abstract: Learning methods have an important role in the learning process. The learning method serves to assist the teacher in achieving the specified learning goals. Not all learning methods are suitable for certain subjects, for example PPKn. This study aims to examine the types of learning methods that are suitable for PPKn subjects in primary schools. The research approach uses qualitative descriptive type. The location of the study was at the University of Mataram Elementary School Teacher Education Study Program. Data sources are divided into two, namely primary and secondary. Primary data sources are 5th semester students of Elementary School Teacher Education Study Programs and secondary data sources namely observation and documentation. Data collection techniques through interviews, observation and documentation through Group Investigation activities assisted by Quizizz games. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research phase is pre-field, field and data analysis. The results showed: 1) The learning method has many benefits in the learning process in the classroom, 2) There are various considerations that must be considered before determining the learning method. 3) There are various learning methods that are suitable for use in elementary schools, especially PPKn, namely non-example examples, picture and picture, vct, inquiry and discovery.

Keywords: Learning Methods, Group Investigation, Games

References

Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran

(1), 44-52

Djamarah, S. B. 2008. Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Giyoto dan Fauzi. 2013. Metode Pembelajaran Bahasa Interaktif. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Mahirah. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal idaarah, I (2), 28-37.

Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-37. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nuriyah, Nunung. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos 3(1,) 56-65.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. London: Allymand Bacon

Sugandi, Muhammad Kurnia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bio Educatio, 2 (2), 35-39.

Wildanisnaini, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Perstasi Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (1), 151-156.

Published

2020-02-27

Issue

Section

Artikel