Optimasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Tim di Sekolah Dasar

Authors

  • Agung Rimba Kurniawan Universitas jambi
  • Silvina Noviyanti UNIVERSITAS JAMBI
  • Arsil Arsil UNIVERSITAS JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i2.2800

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini mengetahui bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran  yang disusun menggunakan model problem based learning berbantuan multimedia dan mendeskripsikan penerapan model problem based learning berbantuan multimedia dalam meningkatkan keterampilan kerja tim pada kegiatan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Jenis penelitianini  adalah penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian SDN 64/I Muara Bulian, subjek penelitian yaitu siswa kelas V. Prosedur penelitian: 1) perencanaan 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Teknik Pengumpulan data : Observasi dan Dokumentasi. Penelitian telah dilakukan sebanyak 2 siklus.Hasil penelitian yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran disusun bersama tim peneliti dan guru kelas yang mengikuti standar pada kurikulum 2013, Penerapan model problem based learning berbatuan multimedia dalam meningkatkan keterampilan kerja tim, terlihat dalam kegiatan pemecahan masalah di dalam kelompok/tim pada proses pembelajaran IPA di kelas V. Setiap tim diberikan sebuah permasalahan melalui video pembelajaran dan mendiskusikannya bersama anggota. Selanjutnya tim mempresentasikan hasil dari diskusi /kerja tim yang telah dilakukan. Hasil pengamatan pada siklus I di peroleh data 70.23% siswa telahberkontribusi dalam kegiatan kerja tim, dan pada siklus II juga semakin meningkat menjadi 90.23% siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Kerja Tim       

Abstract: The purpose of this study is to know the form of learning implementation plan that is prepared using multimedia assisted problem based learning models and describe the application of multimedia assisted problem based learning models in improving team work skills in problem solving activities of elementary school students. This type of research is classroom action research. The place of research is SDN 64 / I Muara Bulian, the subject of research is class V students. Research procedures: 1) planning 2) implementation, 3) observations and 4) reflection. Data collection techniques: Observation and Documentation. The study was conducted in 2 cycles. The results of the study are that the implementation of learning plans are arranged together with the research team and class teachers who follow the standards in the 2013 curriculum. The application of multimedia-based problem based learning models in improving team work skills is seen in problem solving activities in groups / teams in the science learning process in class V Each team is given a problem through learning videos and discussing them with members. Next the team presents the results of the discussion / team work that has been done. The results of the observations in the first cycle were obtained by 70.23% of students who had contributed to the team work activities, and in the second cycle it also increased to 90.23% of students.

Keywords: Problem Based Learning, Team Work Skills

Author Biographies

Agung Rimba Kurniawan, Universitas jambi

Dosen PGSD Universitas Jambi

Silvina Noviyanti, UNIVERSITAS JAMBI

Dosen PGSD Universitas Jambi

Arsil Arsil, UNIVERSITAS JAMBI

Dosen PGSD Universitas Jambiarsil.fkip@unja.ac.id

References

Afiani, KDA & Putra, DA (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 1 Nomor 1 Agustus 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122 hal.38-47.

Aries, dan Haryono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya. Malang: Aditya Media Pubblishing.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan

Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang. Skripsi. Universitas PGRI Palembang.

Hudoyo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Kurniawan, A.R., Kardi, S., & Tjandrakirana. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 175–183.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19335.

Lestari,Yuni. 125060332 (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bandung.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2019-08-31

Issue

Section

Artikel