Kesetaraan Gender dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Deni Adi Putra

Sari

Abstrak: Penulisan artikel ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan serta memberikan rekomendasi tentang masalah kesetaraan gender dalam pembelajaran di sekolah dasar khususnya pada buku ajar tematik kelas IV. Secara umum, istilah gender oleh masyarakat sering diartikan sebagai jenis kelamin. Masalah kesetaraan gender sering dijumpai di lingkungan sekolah dan masyarakat. Pada lingkungan sekolah masalah kesetaran gender salah satunya dapat ditemukan pada bahan ajar yang berupa buku ajar tematik atau buku paket untuk siswa. Dalam buku tema tematik untuk siswa sekolah dasar terdapat poin-poin materi yang tidak mendukung adanya ketidaksetaraan gender, hal ini sangat kontradiksi dengan isi poin-poin dari progam Sustainable Development Goals yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia demi menciptakan masyarakat yang demokratis. Keseteraan gender perlu diberikan kepada siswa sekolah dasar melalui buku ajar atau kurikulum buku yang telah disusun, terutama dalam materi mengenai cita-cita yang seharusnya profesi apapun ditampilkan dalam bentuk dua gender, misalkan profesi polisi juga menampilkan gender perempuan.

Kata Kunci: Kesetaraan Gender dan Pembelajaran di SD

Abstract: The writing of this article is aimed to describe and provide recommendations on the issue of gender equality in learning in elementary schools, especially in fourth grade thematic textbooks. In general, the term gender by society is often defined as gender. The issue of gender equality is often found in schools and communities. In the school environment the problem of gender equality one of them can be found in teaching materials in the form of thematic textbooks or book packages for students. In the thematic theme book for elementary school students there are material points that do not support the existence of gender inequality, this is very contradiction with the contents of the points of the Sustainable Development Goals proclaimed by the Indonesian government to create a democratic society. Gender equality needs to be given to elementary school students through textbooks or book curricula that have been developed, especially in material about ideals that should be any profession presented in the form of two genders, eg the police profession also displays women's gender.

Keywords: Gender Equality and Learning in Elementary School

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amandemen UUD 1945 Pasal 28B ayat (1), dan Pasal 31 ayat (1).

Departemen Agama RI. 1971. Al Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Al Hidayah.

Diana Puspa Karitas, dkk. 2017. Buku Tematik Kelas 4 SD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, (Edisi Revisi).

Efendy, R. 2014. Kesetaraan Gender dalam Pendidikan. Jurnal Al-Maiyyah, Volume 07 No. 2 Juli-Desember.

http://www.batukarinfo.com/system/files/ACDP005_Kesetaraan_Gender_dlm_Pendidikan_di_Indonesia-PB.pdf diakses pada 02-02-2018 09:05.

http://www.hukumonline.com/pusatdata/downloadfile/lt553a0cb583a49/parent/lt553a0c8c9f0a1 diakses pada 02-02-2018 07:45.

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

Jagtenberg, Tom and D’Alton, Phillip (ed). 1995. Four Dimensional Social Space Class, Gender, Ethnicity and Nature A reader in Australian social sciences, Second Edition. Harper Educational. Sydney.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Millar, J. Cross-National Research on Women in The European Community. In. Women's Studies International Forum 1992 Vol 15, No 1 pp 77 - 84.

Perpres No.7/2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009.

Samsuri. (2013). Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Pengantar Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Suhapti, R. (1995). Gender dan Permasalahannya. Buletin Psikologi Tahun III Nomor 1.

USAID. 2017. Analisis Gender Dalam Countering Violent Extremism. Tim konsultan Management Systems International.

UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1400

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.