Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018

Insani Wahyu Mubarok

Sari

Abstrak: Pembelajaran MI didasarkan pada jenis kecerdasan yang dominan, gaya belajar, dan kecenderungan kerja otak kanan-kiri. Selanjutnya, guru menyesuaikannya dengan menentukan penggunaan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Hal inilah yang terjadi pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Bahasa tahun pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu, fenomena tersebut dijadikan fokus penelitian: (1) Jenis-jenis kecerdasan majemuk, modalitas belajar, dan kecenderungan otak kanan-kiri, (2) Bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis Multiple Intelligences pada peserta didik kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Kurikulum Tahun 2013 Pada Peserta Didik Kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Fenomena yang hendak diteliti adalah jenis-jenis kecerdasan majemuk, gaya belajar, dan kecenderungan otak kanan-kiri, bentuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelligences Kurikulum Tahun 2013 Pada Peserta Didik Kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018dan faktor-faktor pendukung serta penghambatnya. Untuk memperoleh data-data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara kualitatif, dan dokumentasi.

Kata kunci: Multiple Intelligences, Pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Program Studi Bahasa

Abstract: The learning of MI is based on the dominant type of intelligence, learning styles, and the tendency of right-left brain work. Furthermore, teachers adjust it to determine the appropriate use of models, approaches, strategies, methods, and instructional techniques. This is what happened to the teacher of Indonesian Language Class X Language lesson year 2017/2018. Therefore, the phenomenon is used as the focus of research: (1) Types of multiple intelligences, learning modalities, and right-left brain tendencies, (2) Form of learning in Indonesia based on Multiple Intelligences in class X students SMA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya academic year 2017/2018, and (3) Supporting and Inhibiting Factors in Indonesian Language Learning Based Multiple Intelligences Curriculum Year 2013 On Class X Students Class SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Lesson Year 2017/2018. This research is a qualitative research using phenomenology approach. The phenomenon to be studied is the types of multiple intelligences, learning styles, and the tendency of right-left brain, the form of Indonesian Based Learning Multiple Intelligences Curriculum Year 2013 On Students Class X Language SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Lesson Year 2017/2018 and supporting factors as well as its inhibitor. To obtain the data, researchers use observation techniques, qualitative interviews, and documentation.

Keywords: Learning Indonesian, Multiple Intelligences, and Language Studies Program

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akhadiah, Sabarti, dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 1988

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2011

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2012

Chatib, Munif. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa. 2011

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa. 2011

Chatib, Munif. Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa. 2012

DePorter, Bobbi, dkk. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa. 2000

Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. Revolusi Cara Belajar: Bagian I Keajaiban Pikiran. Bandung: Kaifa. 2002

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. 2005

Ghazali, Syukur. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa: Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama. 2010

Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2012


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1387

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.