PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitri Murni Mahasiswa S2 UT Jakarta Jurusan Magister Pendidikan Dasar
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta
  • Endang Wahyuningrum Universitas Terbuka Pusat

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13434

Abstract

Fitri Murni, Happy Karlina Marjo,  Endang Wahyuningrum

Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Dasar Universitas Terbuka Jakarta

fitrimurni5@gmail.com, ut.happykarlina@gmail.com, endangw@ecampus.ut.ac.id

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar Matematiika, 2) pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar Matematika, 3) pengaruh interaksi antara penggunaan media manipulatif pada pembelajaran Matematika dan kepercayan diri terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kebon Jeruk 11 Pagi Jakarta Barat. Populasi  penelitian adalah siswa kelas III SDN Kebon Jeruk 11 Pagi Jakarta Barat. Pengambilan sampel penelitian dilakukan sampel tujuan dengan jumlah sampel adalah 32 siswa kelas III A  sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket dan lembar observasi. Penelitian dilakukan selama dua bulan pada November dan Desember 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan media manipulatif sebagai variabel bebas, kepercayaan diri sebagai variabel moderator dan hasil belajar Matematika sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan uji-F dan uji-t dengan ANOVA dua jalur.  Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa 1) terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar Matematika. 2) terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar Matematika. 3) terdapat pengaruh interaksi penggunaan media manipulatif pada pembelajaran Matematika dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kebon Jeruk 11 Pagi Jakarta Barat

 

Kata Kunci : media manipulatif, kepercayaan diri, matematika

 

ABSTRACT

This study aims to determine: 1) the effect of using manipulative media on mathematics learning outcomes, 2) the effect of self-confidence on mathematics learning outcomes, 3) the interaction effect between the use of manipulative media on mathematics learning and self-confidence on the learning outcomes of third grade students at SDN Kebon Jeruk 11 am West Jakarta. The population of the study was the third grade students of SDN Kebon Jeruk 11 Pagi, West Jakarta. The sampling of the research was carried out by the objective sample with the number of samples being 32 students of class III A as the control class and 32 students of class III B as the experimental class. The instruments used in the form of tests, questionnaires and observation sheets. The research was conducted for two months in November and December 2019. The type of research used is a quantitative approach using an experimental method with a 2x2 factorial design. The variables in this study were the use of manipulative media as an independent variable, self-confidence as a moderator variable and mathematics learning outcomes as the dependent variable. Data analysis used F-test and t-test with two-way ANOVA. The results of the study show that 1) there is an effect of using manipulative media on mathematics learning outcomes. 2) there is an effect of self-confidence on mathematics learning outcomes. 3) there is an interaction effect of using manipulative media on mathematics learning and self-confidence on the learning outcomes of third grade students at SDN Kebon Jeruk 11 Pagi West Jakarta

 

 

Keywords: manipulative media, self-confidence, mathematics

Author Biographies

Fitri Murni, Mahasiswa S2 UT Jakarta Jurusan Magister Pendidikan Dasar

SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta

Guru kelas 

Happy Karlina Marjo, Universitas Negeri Jakarta

Dosen

Endang Wahyuningrum, Universitas Terbuka Pusat

Dosen

Published

2022-08-20

Issue

Section

Artikel