Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal Mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari.

Muhammad Nuruddin

Sari

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari pada mata kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal dengan Menerapkan Metode Mind Mapping. Karena dengan metode Mind mapping mahasiswa dapat menuangkan ide-ide yang ada di otaknya serta dapat menuangkan kreativitas yang dimilikinya di atas sebuah kertas kosong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersiklus. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester IV Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari dengan jumlah mahasiswa 37 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus 1 menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal hal ini ditunjukkan dengan persentase pada siklus 1 sebesar 65,71% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan persentase 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari pada mata kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal.

Kata Kunci: Keterampilan berpikir kreatif, metode mind mapping

Abstract: The purpose of this research is to improve the creative thinking skill of PGSD student, Faculty of Education, Hasyim Ash'ari University in the IPA Elementary School Class of Early Class by Applying Mind Mapping Method. Because with the method of Mind mapping students can pour ideas in his brain and can pour his creativity on an empty paper. This research is a descriptive research. This study uses a collaborative classroom action research design. In this study consist of two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects in this research are PGSD students of fourth semester of Education Faculty of Hasyim Asy'ari University with 37 students. Technique of data collecting is done by observation, test, and field note. Based on the results of research conducted on cycle 1 shows the improvement of students' creative thinking skills in the IPA Primary School Elementary Class This is indicated by the percentage in cycle 1 of 65.71% and increased in cycle 2 with the percentage of 80%. From the result, it can be concluded that the application of mind mapping method can improve the creative thinking skill of PGSD students, Faculty of Education, Hasyim Ash'ari University in the IPA Elementary School Primary Class.

Keywords: Creative thinking skill, mind mapping method

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amin, Moh. 1987. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan “Discovery” Dan “Inquiry”. Jakarta: Pplptk.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Canin and Sund. 1989. Teaching science through discovery. Sixth Edition. Colombus: Charles e menill book inc.

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Isi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, syaiful. 2005. Guru dan Anak didik dalam Interaksi edukatif. Banjarmasin : Rineka Cipta

Ekwan, Muhammad. 2013. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas IV SDN Jeruk I 462 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Filsaime, Dennis. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbit FBS Unesa.

Iskandar, Srini M. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Surabaya: Unesa.

Iskandar, Srini M. 2000. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Dosen Sekolah Dasar.

Kemmis, Stephen dan Robin McTaggart. The Action Research Planner. Victoria-Australia: Deakin University Printery.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Monroe, Alexander. 2007. The Magic Of Kreatif Thinking: Strategi Berpikir Kreatif dalam Menuntaskan Setiap Masalah dengan Cepat dan Tepat. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nuruddin, Muhammad. 2016. Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal. Jombang: RPS tidak diterbitkan.

Permendikbud no 67 tahun 2013.

Permendikbud no 65 tahun 2013 tentang standar proses.

Permendiknas no 22 tahun 2006.

Permendiknas no 41 tahun 2007 tentang standar proses.

Poedjiadi, Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Santrock, Jhon W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Offset.

Subiyanto. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Malang: IKIP Malang.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP 2007. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sutarno, Nono. 2009. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutrisno, Leo. Dkk. 2007. Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.