Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang

Beti Istanti Suwandayani

Sari

Abstrak: Perkembangan zaman turut menyertai perkembangan penerapan kurikulum pendidikan di Indonesia. Kurikulum di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum 2013. Dalam implementasi kurikulum 2013 dibutuhkan perencanaan yang matang untuk mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam sebuah tema. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, faktor penghambat dan pendukung pembelajaran tematik di SDN Kauman I. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Kauman I. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpilan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik di SDN Kauman I sesuai dengan Kurikulum 2013, namun masih terdapat beberapa kendala yaitu pendistribusian buku, alokasi waktu dan pembuatan media. Faktor pendukung perencanaan kurikulum 2013 sarana prasrana di kelas yang memadai, buku referensi pendukung, dan pelatihan kurikulum 2013 untuk guru kelas di SDN Kauman I.

Kata Kunci: Perencanaan, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013

Abstract: The development of the times helped accompany the development of the application of educational curriculum in Indonesia. Curriculum in Indonesia is currently using the Curriculum 2013. In the implementation of the 2013 curriculum requires careful planning to integrate some subjects into a theme. This study aims to describe the planning, inhibiting factors and supporting thematic learning in SDN Kauman I. The subjects of this study are teachers and students at SDN Kauman I. The research approach used is descriptive qualitative approach. Data collection techniques used in this study include interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that thematic learning planning in SDN Kauman I in accordance with Curriculum 2013, but there are still some obstacles that is the distribution of books, allocation of time and making of media. Supporting factors of curriculum planning 2013 in adequate classroom infrastructure, supporting reference books, and 2013 curriculum training for classroom teachers at SDN Kauman I.

Keywords: Planning, Thematic Learning, Curriculum 2013

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Amalin, dkk. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Kelas V SDN Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Kalam Cendekia Vol. 3 No. 2.1. Diakses pada tanggal 10 Februari 2018 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/5743)

Benyamin, Justus Batmalo. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas V SDN Nirmala Bantul. Jurnal Pendidikan Guru SD Vol 6 No 5. Diakses pada 10 Februari 2018 (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/1234/1110)

Binti, Faridah Darus dan Mohd Rohaida Saat. 2014. How Do Primary School Student Acquire the Skill of Making Hypotehesis. The Malaysian Online Joural of Educational Science Vol 2 No 2. Diakses pada 11 Februari 2018 (https://eric.ed.gov/?id=EJ1086198).

Buchari, Alma. 2014. Guru Profesional. Alfabeta: Bandung.

Briggs, Leslie, J. 1979. Instruksional Design : Prinsiples and Aplication. Educational Technology Publicatios : Englewood Cliffs, N.J

Depdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta.

Depdiknas. 2005. Undang – Undang Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ely, Donal P. 1978. Instruksional Design & Development. New York: Syracuse University Publ.

Gerlach, Vernon S, & Ely, Donald P. 1980. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition Engkewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Kurniawan, Deni. 2011, Pembelajaran Terpadu, Teorim Praktik dan Penilaian. Jakarta: CV Pustaka Cendekia Utama.

Moeloeng J Lexy. 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. 2005.Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta: Rineke Cipta.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Desain dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sa’dun, Akbar. 2013. Intrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.