Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Ivo yuliana

Sari

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradapan bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Peran pembelajaran yang mempelajari tentang pengetahuan yang khas dari suatu masyarakat tertentu (Etnosains) sangat penting dimiliki oleh siswa sekolah dasar untuk mengetahui gejala yang dianggap penting dan mengorganisir dalam proses pembelajran. Penanaman pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar dapat dilakukan dengan menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa, sehingga dapat memperkuat pandangan siswa sekolah dasar tentang lingkungan yang berdampak pada meningkatnya kemampuan berfikir ilmiah siswa tentang budaya khas daerahnya sehingga generasi masa depan tidak kehilangan jati diri bangsa Indonesia karena bijaksana, cinta dan melestarikan lingkungan.

Kata Kunci: Etnosains, Pendidikan Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sudarmin, 20015. Pendidikan Karakter, Ethnosains, dan Kearifan Lokal. Parmin, 2017. Ethnosains. Semarang:Swadaya Manunggal.

Sudarmin. (2015). Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal: KONSEP Dan Penerapannya hearts Penelitian Dan Pembelajaran Sains [ Pendidikan Karakter, ethnoscience dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian dan Ilmu Pendidikan Karakter Pendidikan: Etnosains dan Kearifan Lokal] . FMIPA-Semarang: CV. Swadaya Manunggal, ISBN 978-602-1034-00-2.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem pendidikan Nasional

Megawangi, R. (2010). Pengembangan program pendidikan karakter di sekolah: pengalaman sekolah karakter. Prosiding. Jakarta: Universitas Terbuka

Cronbach, Lee J. 1977. Educational Psychology 3rd edition. New York: Harcourt Brace Jovanovich Inc.

Lickona, Thomas. 2003. My Thought About Character. Ithaca and London: Cornell University Press.

Direktorat Ketenagaan Dikti Kemdiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dikti Kemdiknas

Kemko Kesra RI. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta.

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam pengembangan kecerdasan moral . Medan: Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1.

Suparno, Paul, Moerti Yoedho K., Detty Titisari, St. Kartono. 2002. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah.Yogyakarta: Kanisius.

George,C. (1991) School Science and etnoscience. Journal of science of mathematics Education in South East Asia , 24(2), 27-36.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.