Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Membangun Kinerja Guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya

Asy’ari .

Sari

Tujuan penelitian ini menganalisis gaya kepemimpinan Kepala Sekolah pada kinerja guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jumlah 16 responden. Data diperoleh melalui kuisioner atau angket dengan pertanyaan yang relevan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui persentase dan diolah dengan cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden dikali 100%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat diidentifikasi secara segnifikan, maka hasilnya ditinjau dari keseluruhan rata-rata indicator yang diasumsikan yaitu indicator derektif sebesar persentase sebesar 12 (75.0%) pada kategori skor ‘sering’ dengan jumlah rata-rata 4.06. indikator sportif sebesar (68.7%) pada kategori skor ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata 4.18. indicator partisipatif sebesar 10 (62.5%) pada kategori skor ‘sering’ dan ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata 4.03.Dan berorientasi prestasi sebesar sebesar 9 (56.2%) pada kategori sekor ‘sering’ dengan jumlah rata-rata 3.88, dengan jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 4.03. Sehingga dari 4 indikator tersebut dikatagorikan baik sehingga gaya kepemimpinan kepala sekolah adiwiyata dapat disimpulkan baik.


Katakunci: gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Jumadil dkk. (2015). Penerapan Program Adiwiyata Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Di Kota Kendar. Jurnal Sains & Teknologi, Agustus 2015, Vol.15 No.2 : 195 – 202. ISSN 1411-4674.

Supriatingrum, J. 2013. Guru Profesional, Pedoman kinerja, kualifikasi dan Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesionl. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA

Masa'deh, R. (2014). A Theoretical Perspective on the Relationship between Leadership Development, Knowledge Management Capability, and Firm Performance. Asian Social Science; Vol. 10, No. 6.

Yusof, H. M. (2014). The Role of Emotions in Leadership. Journal Asian Sosial; Vol. 10, No. 10; ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025

Rohiat. (2010). Manajemen sekolah – Teori Dasar dan Praktek dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional. Bandung: PT Refika Aditama

Fatah, N. (2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT RajaGrafindo

Hornby, G. (2012). Inclusive Education For Children With Special Educational Needs: A Critique Of Policy And Practice In New Zealand. Journal of International and Comparative Education, Volume 1, Issue 1

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Kurniawan, D & Machali, M. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional: Pedman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Halimah M. Yusof. M. H. (2014). The Role of Emotions in Leadership. Journal Asian Social Science; Vol. 10, No. 10; ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025

Gusman, E. H. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di Smp N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Halaman 299 ‐ 831

Samsuadi. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal of EST, Volume 1, Nomor 2,. September. hal 20 -29 ISSN: 2460-1497

Pasolong, H. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta

Hyvarinen, S (2014). Having Many Irons in the Fire — Finnish Female Leaders’ School Memories. Journal of Education and Learning; Vol. 3, No. 2;ISSN 1927-5250 E-ISSN 1927-5269

Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 4, Hal. 753-757

Jumadil dkk. (2015). Penerapan Program Adiwiyata Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Di Kota Kendar. Jurnal Sains & Teknologi, Agustus, Vol.15 No.2 : 195 – 202. ISSN 1411-4674


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1049

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.