Pembelajaran IPA Inovatif Untuk Sekolah Sehari Penuh (Full Day School)

Anwar Holil

Sari

Pembelajaran IPA di sekolah yang menyelenggarakan full day school (FDS) atau sekolah sehari penuh, harus difasilitasi dengan pembelajaran inovatif. Pembelajaran IPA inovatif untuk FDS sejalan dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan karakter dan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses Pendidikan dasar dan menengah. Makalah ini bertujuan menguraikan contoh pembelajaran IPA inovatif di SD dan SMP yang relevan untuk FDS, yang diambil dari pengalaman para guru sekolah mitra USAID PRIORITAS. Ada empat contoh pembelajaran IPA yang diuraikan, yaitu menemukan media tanah yang cocok untuk bertanam dan belajar energi gerak dari parasut pengalaman dari guru di sekolah dasar (SD), sedangkan di sekolah menengah pertama (SMP) yaitu mengamati gelembung oksigen pada percobaan fotosintesis ingenhouz dan menemukan bahan tape terbaik. Pembelajaran IPA inovatif ini memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif, menemukan konsep melalui kegiatan percobaan, dan menghasilkan karya pembelajaran yang kontekstual. Pembelajaran IPA seperti ini sangat relevan untuk sekolah yang menerapkan FDS, dimana siswa difasilitasi dalam mengembangkan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui kegiatan menalar, mengamalkan, dan mencipta.

Kata kunci: Pembelajaran IPA; inovatif; sekolah sehari penuh.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc.

http://garduguru.blogspot.co.id/2009/01/pembelajaran-inovatif-apa-artinya.html. Diakses 19 November 2017.

National Research Council. 1996. National Science Education Standard. Washington: National Academy Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Setkab. Retnoningsih, Ana dan Suharso. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: CV. Widya Karya.

USAID PRIORITAS. 2017. Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SD/MI. Volume II. Jakarta: USAID PRIORITAS.

USAID PRIORITAS. 2017. Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Volume II. Jakarta: USAID PRIORITAS.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1044

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.