Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar

Agung Nugroho, Anindya Nugraheni Pangestika

Sari

Pendidikan karakter merupakan pondasi bangsa yang sangat penting  dan  perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Pendidikan karakter dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kegiatan salam pagi dalam rangka menumbuhkan karakter komunikatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  implementasi  kegiatan  salam  pagi  untuk mengembangkan karakter komunikatif dilakukan melalui kebiasaan berkomunikasi antara siswa dengan guru saat melaksanakan kegiatan salam pagi. Komunikasi tersebut dapat menjalin keakraban sehingga tercipta kedekatan antara siswa dengan kepala sekolah, guru, dan teman sekelas maupun lain kelas. Hasil temuan ini memperkuat teori behavioristik yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah laku.

 

Kata Kunci: Implementasi, Karakter Komunikatif, Salam Pagi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Elfindri, dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media

Kesuma, Dharma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kristianty, Theresia. 2006. Pandangan-Pandangan Teoritis Kaum Behaviorisme tentang Pemerolehan Bahasa Pertama. Jurnal Pendidikan Penabur No.06/Th.V/Juni 2006. Jakarta: PPs UNJ.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. 2014. Tafsir Al-Qur’an Tematik Edisi Revisi. Jakarta: Kamil Pustaka

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1025

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.