Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya

Muhammad Taufiq Syarifudin, Nani Ratnaningsih, Khomsatun Ni'mah

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguraikan kemampuan abstraksi matematis peserta didik dalam mengerjakan soal trigonometri yaitu aturan sinus di kelas 12 MAN 1 Tasikmalaya. Penelitian memakai pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yang diambil berdasarkan level kemampuan abstraksi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesahan data dengan mencocokkan hasil tes dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan abstraksi tinggi mencapai semua indikator yaitu mentransportasi masalah ke dalam bentuk dan simbol, membuat persamaan yang setara, menyatakan hubungan antara konsep bangun datar dengan trigonometri, menggeneralisasi, membuat persamaan sesuai situasi yang diberikan. Peserta didik dengan abstraksi sedang tidak mampu mencapai 1 indikator yaitu mencari hubungan antara konsep bangun datar dengan trigonometri. Sedangkan peserta didik dengan abstraksi rendah hanya mencapai 1 indikator saja yaitu membuat persamaan yang setara.

Keywords

daring; kemampuan abstraksi matematis; pembelajaran matematika

References

Firmansyah, I., & Ratnaningsih, N. (2019). “Meningkatkan kemampuan penalaran matematik peserta didik melalui pendekatan kontekstual”. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (p. 287-295). FKIP Universitas Siliwangi.

Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan abstraksi matematis siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). In Prosiding SESIOMADIKA (Vol. 2, No. 1, p. 400-404). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kusumawati R., & Kurniawan P. (2020). Pengembangan bahan ajar stuktur aljabar dengan penemuanterbimbing untuk meningkatkan kemampuan abstraksi dan menulis pembuktian matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 197-204. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010

Nisa A. L. (2018). Analisis kemampuan abstraksi matematis siswa dalammenyelesaikan soal pada materi segiempat kelas VII SMP. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2610

Nugroho, K. U. Z., dkk. (2021). “Abstraction ability of students about fractions through local cultural approaches”. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020) (Vol. 532, p. 480-485). Atlantis Press.

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan siswa berpikir abstrak matematika dalam pembelajaran problem posing berkelompok. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176

Utami, R. N. F., Nursyifa, Y., & Ratnaningsih, N. (2021). Proses berpikir metafora dalam memecahkan masalah segitiga dan segiempat ditinjau dari self-confidence siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 68-83. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2583

Warsito, W., Saleh, H., & Sukirwan, S. (2020). Interaksi antara pembelajaran dan pengetahuan terhadap abstraksi matematis siswa SMP. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 11-19. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1333

Wibowo S. A., Mulyono, M., & Sumarti, S. (2018). “Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan tanggung jawab siswa kelas XI perhotelan SMKN 6 Semarang”. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, p. 409-415). Universitas Negeri Semarang.

Yusepa B. (2017). Kemampuan abstraksi matematis siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54-60.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v6i2.7461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.