FKIP UMSurabaya

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK INTEGRATIF: SEBUAH ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK

DWIJANI RATNADEWI

Sari

ABSTRACT

Model Pembelajaran Bahasa Inggris TI adalah merupakan suatu kegiatan
pembelajaran bersinergis antar beberapa disiplin ilmu secara terintegrasi dan berdasar pada tema yang sama dan dalam konteks pembelajaran yang serupa dengan tujuan penguasaan suatu kompetensi lulusan yang sama. Dengan dasar pendekatan Contextual dan Communicative pembelajaran TI membuat para siswa belajar di dunianya
sendiri, yaitu sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni mereka, karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran bahasa Inggris tentang kompetensi kejuruan mereka sendiri. Model pembelajaran ini tidak membawa pikiran siswa ke tempat lain karena pembelajaran ini memiliki tema yang sama, sehingga memudahkan siswa  berkonsentrasi untuk memahami materi belajar. Disinilah terlihat suatu sinergi
pembelajaran yang efektif yang dapat diciptakan sebagai alternatif
pembelajaran Bahasa Inggris (dan mata pelajaran lain) untuk menjawab keresahan para guru maupun masyarakat pengguna lulusan atau users SMK atas hasil belajar yang kurang memuaskan.

Kata Kunci

integratif; tematik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arrends, Richard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc.Graw-Hill Company

Brown, Doughlas. H. 1997. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Longman.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri No 22. Tahun 2006: Lampiran: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Profil Sekolah Berstandar Internasional. Jakarta: Depdiknas

Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: University Press.

________. 1994. The Study of Second Language Acquisition. Oxford: University Press.

Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. What it is and why it’s here. Thousand Oaks, California: Corwin Press Inc.

Krashen, S.D and Terrell, T.D. 1988. The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Hertfordshire:Prentice Hall

Mc Kay, Heather and Abigail Tom. 1999. Teaching Adult Second Language Learner. Cambridge Handbook for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press

Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers. New York: Prentice Hall

Ratnadewi, D. 2007. Hasil Penelitian: Peningkatan Ketrampilan Produktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Pendekatan Alamiah (Natural Approach). Surabaya: Univ

Muhamamadiah Surabaya

Wang, Victor C.X. 2006. Implementing Andragogy in Teaching English as a Foreign Language (TEFL) in China: A Dream yet to be Realized. Long Beach, USA: California State University Woolfolk, Anita. Malcolm Hughes and Vivienne Walkup. 2008. Psychology in

Education. Harlow, Essex: Pearson Longman


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v9i2.250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.