Kualifikasi dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an-Hadits

Authors

  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani Mahasiswa Program Doktoral Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Su’aib Muhammad
  • Mohammad Samsul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6754

Keywords:

al-Qur`an, Hadits, Pendidik

Abstract

Konteks pendidikan terutama dalam pendidikan Islam, tentunya memandang penting untuk mencapai suatu tujuan pendidikan, seorang pendidik menjadi tokoh utama dalam mengantarkan peserta didik untuk sukses mencapai tujuan pendidikan. Pendidik yang dikenal juga sebagai seorang guru merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap setiap perkembangan peserta didik dalam menuntut ilmu. Begitu sentral dan pentingnya posisi seorang guru dalam dunia pendidikan, maka Islam dalam ajarannya juga sangat menghormati dan menjunjung tinggi profesi sebagai seorang pendidik yang banyak dijumpai dalam ayat-ayat al-Qur`an maupun teks-teks Hadits. Berdasarkan alasan tersebut, maka dirumuskan suatu permasalahan untuk melihat lebih dalam bagaimana perspektif al-Qur’an dan Hadits tentang kualifikasi dan tanggung jawab pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dalam al-Qur’an dan Hadits terdapat kualifikasi dan tanggung jawab pendidik yang terdiri dari murabbī, mu’allim, muaddib, mursyid, mudarris, mutlī, dan muzakkī. Kualifikasi pendidik tersebut sebelumnya telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik umatnya sehingga Nabi Muhammad SAW merupakan contoh pendidik utama bagi umat manusia.

References

Al-BukharÄ«, AbÅ« ‘AbdillÄh Muhammad bin IsmÄ’īl bin IbrahÄ«m bin al-MughÄ«rah bin Bardizbah al-Ju’fÄ«. á¹¢ahih Al-BukhÄrÄ«, Jilid 4 Juz 7. Beirut: DÄr al-Fikr, 1994.

Al-Mundziriy, al-HÄfidz ZÄkiyuddin ‘Abdi al-‘AdhÄ«m bin ‘Abdi al-Qawiy. Mukhtaá¹£ar á¹¢ahÄ«h Muslim. Kairo: DÄr al-GhÄd al-JadÄ«d, 2007.

Al-NaisÄbÅ«riyyi, al-ImÄm AbÄ« al-Husain Muslim bin al-HajjÄj bin Muslim al-Qusyairiyyi. á¹¢ahÄ«h Muslim. Riyadh: DÄr al-SalÄm li al-Nasyri wa al-Tauzī’i, 2000.

———. á¹¢ahÄ«h Muslim. Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2011.

Ashraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Penerbit Kencana, 2014.

Halim, Abdul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1987.

RI, Kementerian Agama, and Kementerian Haji dan Wakaf Arab Saudi. Al-Qur`an Dan Terjemahnya. Madinah: Mujamma’ Khadim al-Haramain asy-Syarifain al-Malik Fahd li Thiba’at al-Mushhaf asy-Syarif, 1971.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Saifullah. “Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam (Perspektif Muhammad Quthb).†Jurnal Pencerahan 5, no. 2 (2007): 88–102.

SulaimÄn bin al-Asy’ats al-SijistÄnÄ« al-AzdÄ«, AbÅ« DÄwud. Sunan AbÄ« DÄwud Jilid 2 Juz 3. Beirut: DÄr al-Fikr, n.d.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

TirmidzÄ«, AbÅ« ‘ĪsÄ Muhammad bin ‘ĪsÄ bin Saurah al-. Sunan Al-TirmidzÄ« Juz 4. Beirut: DÄr al-Fikr, 2001.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, n.d.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials