Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia

Authors

  • Muhammad Rouf

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v5i1.345

Keywords:

Islamic Boarding School, Islamic educational Institutions

Abstract

Abstract

Islamic Boarding School are the two kinds of Islamic educational institutions, in addition to other educational institutions. The development of Islamic Boarding schools have a long span of history in Indonesia is an original model of education in Indonesia and also in collaboration with Western modern education. Typology include boarding schools Salaf, khalaf and mix each tiered start primary, junior, intermediate and advanced high level. While the madrasah is a formal educational institution distinctively Islamic covering Raudhatul RA (RA), Government Elementary School (MI), Madratsah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) and Madrasah Aliyah Vocational (MAK). Islamic schools can be a mainstay and international standing by means keeping good old traditions and take the new methods are better in improving the quality of education.

 

References

DAFTAR RUJUKAN

Arifin, M., Kapita Selekta Pendidikan; Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Daradjat, Zakiyah, pengantar dalam Maksum, Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya, Cet. 1, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Eds. 1, Cet. 2, (Jakarta: Kencana, 2006).

Daulay, Haidar Putra, Sejarah Pertumbukan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Eds. 1, Cet. 1, (Jakarta: Kencana, 2007).

Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Departeman Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, ((Jakarta: Deperteman Agama RI, 2003).

Dhofier, Zamahsyari, Tradisi Pesantren; Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Cet. 9, (Jakarta: LP3ES, 2011).

Fathoni, Muhammad Kholid, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional; Paradigma Baru, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005).

Haedari dkk, Amin, Masa Depan Pesantren; Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global, Cet. 2, (Jakarta: IRD Press, 2006).

Haedari, Amin & El-Saha, Ishom, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, Cet. 2, (Jakarta: Diva Pustaka, 2006).

Hasbullah, Sejarah Pendiidkan Islam di ndonesia; Lintasan Sejaran Pertumbuhan dan Perkembangan, Cet. 3, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999).

Islam (Pondok Pesantren Luhur), Lembaga Research, Sejarah dan Dakwah Islamiyah Sunan Giri, (Malang: Panitia Penelitian dan Pemugaran Sunan Giri Gresik, 1975).

Mahmud, Model-Model Pembelajaran di Pesantren, Cet. 1, (Jakarta: Media Nusantara, 2006).

Maksum, Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya, Cet. 1, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Munawwir, A. W., Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Cet. 14, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997).

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 2, (Jakarta: Kencana, 2012).

Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013.

Penulis, Tim, Madrasah@Indonesia, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah-Direkorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2014).

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, diolah kembali oleh Pusat Pengembangan dan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (Jakarta: Balai Pustaka, 1982).

Shaleh, Abdul Rachman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Visi, Misi dan Aksi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006).

Steenbrink, Karel A., Pesantren, Sekolah, Madrasah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Cet. 2, (Jakarta: LP3ES, 1994).

Umiarso & Zazin, Nur, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan; Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, Cet. 1, (Semarang: RaSAIL, 2011).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) tahun 2003.

Wahid, Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren, Cet.3, (Yogyakarta: LKiS, 2010).

Yasin, Ahmad Fatah, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Cet. 1, (Malang: UIN Maliki Press, 2008).

Downloads

Published

2016-12-20

Issue

Section

Editorials